Purworejo Punya SRG, Petani Tak Perlu Khawatir Merugi Saat Harga Gabah Anjlok

PURWODADI, Para petani di Kabupaten Purworejo saat  ini tidak perlu khawatir lagi merugi saat menjual hasil panennya akibat menurunnya harga gabah. Hal itu karena saat ini Purworejo telah memiliki Sistem Resi Gudang (SRG) yang terletak di ruas jalan Kutoarjo-Kebumen.

Hal itu diungkapkan Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM kepada masyarakat Desa Plandi, Kecamatan Purwodadi usai mengikuti sholat tarawih di masjid setempat, Senin (3/5).

Berdasarkan UU Nomer 9 Tahun 200 tentang Sistem Resi Gudang, Sistem Resi Gudang adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, penjaminan, dan penyelesaian transaksi Resi Gudang.

Bupati serahkan bingkisan kepada takmir masjid

Resi Gudang adalah dokumen bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di Gudang yang diterbitkan oleh Pengelola Gudang

Selain memantau penerapan protokol kesehatan pada saat tarawih, Bupati juga meminta agar petani dapat memaksimalkan keberadaan SRG. Banyak keuntungan yang didapat dengan hadirnya SRG. Salah satunya, petani akan mendapatkan harga gabah yang lebih layak.

Bupati juga mengapresiasi BUMDes di Desa Plandi yang usahanya dapat menampung beras dari petani. “Nanti kalau tidak laku, bisa menjualnya ke SRG. Insyaallah harganya wajar,” ujarnya.

Petani setempat juga diharapkan dapat mengolah hasil pertanian menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis, yang nantinya dapat dipasarkan di BUMDes, koperasi, pasar maupun sentra UMKM. (*/Nas)

Tinggalkan Balasan