Pilkades Serentak Hari Ini: Dua Petahana Kalah

PURWOREJO, Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 41 desa di Kabupaten Purworejo, Senin (3/5), telah selesai dilaksanakan. Dari pantauan Purworejonews di beberapa desa, setidaknya ada dua calon petahana mengalami kekalahan.

Di Desa Wonoroto, Kecamatan Purworejo, seperti diperkirakan sebelumnya, dari empat calon, hanya dua calon yang bersaing ketat, yaitu Siti Maryam (petahana dua periode) dan Irawan Santoso.

Hasilnya, Irawan yang masih berusia 28 tahun unggul atas Siti Maryam dengan perolehan 311 suara banding 264 suara. Siti Maryam gagal menduduki jabatan kepala desa untuk ketiga kalinya.

Untuk menghindari kerumunan, warga dilarang masuk ke arena TPS saat perhitungan suara

Nasib serupa dialami oleh Basirun, calon petahana di Desa Dukuhrejo, Kecamatan Bayan. Dia kalah telak dari rivalnya, Suhadi yang berlatarbelakang sebagai tentara, dengan perolehan 414 suara dibanding 712 suara.

Suhadi yang saat ini menjabat sebagai ketua RW 3, berhasil menang di tiga dari empat TPS yang ada. Basirun hanya menang di TPS 2 tempat dia tinggal, dengan perolehan 275 suara lawan 134 suara.

Sementara itu Pilkades di Kecamatan Kaligesing berlangsung di tiga desa, yaitu Ngadirejo, Gunungwangi, dan Sudorogo. Di Desa Ngadirejo, calon dengan tanda gambar ketela Agus Muzamil menang atas rivalnya yakni Bambang Sulistiyo yang hanya mendapat 214 suara.

Pilkades di Desa Gunungwangi, dari jumlah pemilih 200 orang, hanya 171 orang yang menggunakan hak pilihnya. Priyo Dwi Prayitno dengan tanda gambar padi menang dengan 107 suara dari lawannya Kiswanto yang hanya memperoleh 64 suara. (Nas)

Tinggalkan Balasan