Tekad Besar Agus Bastian: Purworejo Siap Masuki Tahun Kunjungan Wisata 2020

Oleh: Ahmad Nas Imam

TEKAD Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM akan menjadikan tahun 2020 sebagai tahun kunjungan wisata tampaknya tidak main-main. Sejak tahun pertama kepemimpinannya pada tahun 2016, Agus Bastian langsung membuka mata masyarakat bahwa Purworejo bisa berubah.

Pencanangan Romansa Purworejo 2020 oleh Agus Bastian menjadi titik awal perubahan. Diawali dengan membangun kembali Pasar Baledono yang bertahun-tahun mangkrak paska kebakaran 27 Juli 2013. Melalui proses yang rumit akhirnya akhir 2017 pembangunan Pasar Baledono yang menelan anggaran Rp 112 miliar itu dinyatakan selesai.
Selanjutnya Agus Bastian merevitalisasi Alun-alun Purworejo. Lagi-lagi mendapat reaksi cukup keras dari sebagian masyarakat, terutama para PKL yang telah puluhan tahun berjualan di seputar Alun-alun Purworejo. Tetapi mantan anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat itu tak bergeming dengan keputusannya.
“Tidak hanya dikritik, bahkan saya dihantam habis-habisan,” kata Agus Bastian suatu hari saat mengenang kembali awal pembangunan Alun-alun Purworejo.
Kini semua orang mengakui keberhasilan proyek revitalisasi Alun-alun Purworejo sebagai salah satu lokasi hiburan gratis yang banyak dikunjungi warga. Alun-alun Purworejo bahkan kini jadi obyek kunjungan untuk pelbagai tingkatan usia.

Ahmad Nas Imam
Keberhasilan itu tidaklah diraih dengan mudah. Revitalisasi Alun-alun Purworejo sekaligus pemindahan para pedagang kaki lima adalah uji nyali bagi Agus Bastian. Kritikan dan cercaan datang hampir setiap hari, baik di forum pertemuan lebih-lebih di media massa serta media sosial.

Perlawanan sangat keras dari sebagian PKL Alun-alun yang menolak dipindah. Mulai dari demo hingga puncaknya membawa persoalan tersebut ke pengadilan. Prosesnya begitu melelahkan. Tapi langkah Agus Bastian tak sedikit pun surut. Dia terus maju bersama keyakinan dan tekad bulat yang ada di kepalanya untuk membawa Purworejo Mulyo seperti slogan yang dipopulerkannya.

Setelah itu Agus Bastian makin memantapkan tekadnya untuk menjadikan Kabupaten Purworejo jadi daerah yang maju. Program pengembangan pariwisata pun digenjot terus setiap tahun. Pantai Jatimalang adalah salah satunya. Kini Pantai Jatimalang telah berubah dan siap jadi destinasi wisata handal.

Tahun 2019 giliran gedung Wanita Ahmad Yani dibongkar dan diubah jadi convention hall dua lantai. Proyek itu didanai Rp 18 miliar. Direncanakan gedung baru dengan dua lantai itu bisa menampung 2.000 orang, dan bakal jadi gedung pertemuan termegah di Purworejo.

Tahun 2020 kini sudah di depan mata. Romansa Purworejo 2020 sebagai tahun kunjungan wisata diharapkan jadi titik tolak pertumbuhan ekonomi, pariwisata, perdagangan dan industri. Mudah-mudahan tahun 2020 ekonomi Purworejo menemukan momentumnya untuk tinggal landas.***

Penulis adalah Pemimpin Redaksi Media Online Purworejo News

Tinggalkan Balasan