Dari KYM untuk Kita yang Sedang Berjuang, Kumpulan Puisi Corona

Oleh : Astuti Prasetyaningsih

Untuk Kita Yang Sedang Berjuang merupakan buku yang berisi kumpulan puisi tentang Corona. Pembuatan Buku Untuk Kita Yang Sedang Berjuang diselenggarakan oleh Komunitas Yuk Menulis (KYM) dari Klaten. 

Proses pembuatan buku ini dimulai dari pendaftaran calon penulis buku, penulisan puisi, proses edit hingga cetak buku. Setiap tahapan proses tersebut dilakukan dengan komunikasi secara online mengingat kondisi pandemik Covid-19.  

“Saya beserta kawan-kawan ingin memberikan penghargaan dan dukungan terkhusus untuk Tim Tenaga Medis selain itu pada Pemerintah dan masyarakat Indonesia melalui beribu puisi dalam buku Untuk Kita Yang Sedang Berjuang menghadapi pandemik ini” tutur Vitriya Mardiyati selaku Founder KYM. 

Secara Keseluruhan ada 1.080 penulis terlibat dalam pembuatan buku ini. Penulis buku berasal dari berbagai daerah dengan profesi secara umum ialah seorang pendidik.

Astuti Prasetyaningsih

Penulis utama yang sudah terkenal dengan berbagai karya ialah Vitriya Mardiyati dari KYM sebagai pencetus ide. Beberapa penulis terpilih diantaranya adalah Myria Dian Farida (Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 1 Kudus), Astuti Prasetyaningsih (Guru SDN Donorati Purworejo), Ambar Suryaningsih (Guru MTs N 4 Kulon Progo), Sri Lestari dan Nurul Faikoh (Guru SDN Samirono Kecamatan Depok-Sleman), Jenika Widiya (Guru Bahasa Inggris SMP IT Aqidah Cikarang Utara Bekasi), Wahyu Ratnasari (Guru Bahasa Indonesia SMP Hamong Putera Ngaglik Sleman), Budi Hartatik (Guru MTs N 4 Sleman), Danar Styorini (JFU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten) dan penulis terpilih lainnya termasuk beberapa dari pelajar dan mahasiswa.

“Saya senang dapat ikut serta terlibat dalam pembuatan buku Untuk Kita Yang Sedang Berjuang dan ada kepuasan tersendiri ketika mengetahui anggota tim saya seperti Mbak Astuti dan kawan-kawan juga lolos seleksi,” tutur Myria selaku koordinator dari 9 penulis yang juga terpilih. 

Jumlah 1.080 penulis terpilih dalam buku ini memberikan daya tarik tersendiri karena dengan membaca puisi-puisi tersebut kita dapat mengetahui perasaan setiap penulis tentang wabah corona. 

Komunitas Yuk Menulis (KYM) berharap agar masyarakat dapat mendukung program Pemerintah untuk stay at home terutama saat menyambut Hari Raya Idul Fitri dan senantiasa berdoa dengan penuh harapan agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. **

Penulis adalah alumni Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2009. Guru di Sekolah Dasar Negeri Donorati Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini lahir di Purworejo pada 24 Mei 1990. Ia tinggal di Kelurahan Cangkreplor Kecamatan/Kabupaten Purworejo.

Tinggalkan Balasan