Misa Natal, Gereja Katholik SPM Purworejo Batasi Jemaat 50% Kapasitas

PURWOREJO, Meski masih dihantui rasa was-was akibat pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung, jemaat Gereja Katolik Santa Perawan Maria (SPM) Purworejo tetap tertib mengikuti misa Natal yang diadakan Jumat (25/12). Misa pagi yang diadakan mulai pukul 08.00 diikuti 280 jemaat gereja.

Ketua panitia perayaan Natal Paroki SPM Markus Bimantoro mengungkapkan, dari 500 kapasitas kursi di dalam gereja, misa natal tahun ini hanya diisi 200 jemaat yang berada di dalam gereja serta 80 jemaat lainnya yang berada di luar gereja.

“Itupun kami lakukan dengan prokes ketat, yakni jemaat harus dicek suhu tubuh serta mrngikuti standar 3M,” jelas Markus.

Menurut Markus, pihaknya terpaksa memperketat aturan dengan hanya menerima jemaat yang berada di lingkungan Purworejo. Markus mengatakan, “Tadi ada jemaat yang berada dari luar paroki Purworejo ingin ikut misa di sini, tapi terpaksa kami tolak demi penerapan prosedur yang telah ditetapkan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan jemaat lain”.

Romo Widyantardi

Adapun Romo Widyantardi yang memimpin misa menyebut, kegiatan ibadah natal dilakukan empat kali. Yang pertama, katanya, dilakukan pukul 18.00 dan 21.00 kemarin. Hari ini pukul 08.00 dan nanti sore pukul 18.00 dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Romo bertutur bahwa akibat pandemi, ibadah kali ini pun materinya dipersingkat yakni hanya sekitar satu jam dari biasanya yakni sekitar dua jam.

“Yang kami persingkat adalah lagu-lagu ordinarium yang biasanya dinyanyikan bersama. Liturginyapun kami perpendek, ” ucap Romo.

Meski tidak mengurangi kekhyusukan dalam beribadah, namun Romo mengaku agak kesulitan dalam membagi waktu yang harus ditaati. Demi kenyamanan jemaat, saat pulangpun mereka diatur “rute”nya agar tidak berdesakan dan berkerumun di satu titik.

Romo berpesan agar umat Katolik lebih taat beribadah dan harus yakin bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan umatnya apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. “Justru di saat kita mengalami kesulitan itulah Tuhan hadir menyertai kita,” pungkas Romo. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *