Meski Sederhana, Peringatan Hari Jadi ke-190 Kabupaten Purworejo Tetap Digelar

PURWOREJO, Meski masih dalam suasana pandemi, peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo bakal tetap dilakukan dengan prokes ketat. Itulah sebabnya, peringatan Hari Jadi Ke-190 Kabupaten Purworejo tahun 2021 ini hanya dirangkai dalam tiga kegiatan, jauh berkurang dari peringatan tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo dalam konferensi pers yang digelar hari Kamis siang (18/2) di Ruang Arahiwang Setda Purworejo.

Menurut Agung, karena masih dalam suasana pandemi maka kegiatannya diramu menjadi kegiatan sederhana tanpa menghilangkan esensi kemeriahannya.

Tiga kegiatan dimaksud, dimulai pada hari Selasa tanggal 23 Februari berupa ziarah ke makam leluhur di Desa Bragolan, Bulus, dan Kayulawang mulai pukul 08.30. Kegiatan ini, menurut Agung, sudah dilakukan sejak jaman Bupati H Marsaid (2000-2005).

Kepala Dinparbud Agung Wibowo

“Karena pandemi, nantinya yang ikut kegiatan ini hanyalah Plh Bupati, kepala OPD, serta forkopincam setempat,” jelas Agung. Kegiatan kedua yakni Pengetan Jumenengan tanggal 27 Februari mulai pukul 19.00 (Sabtu malam).

Acara yang rencananya akan digelar di pendopo itu selain berupa pembacaan sejarah hari jadi Purworejo juga berisi pementasan tarian Bedayan dan Kesatrian.

Rangkaian kegiatan ketiga yaitu Parade Budaya Virtual. Rencananya akan digelar selama empat hari mulai tanggal 1 – 4 Maret. Teknisnya, kata Agung, setiap hari mulai pukul 14.30 ada lima grup kesenian dari masing-masing perwakilan kecamatan yang akan pentas selama 20 menit.

“Pentas budaya tersebut akan ditayangkan melalui kanal YouTube Romansa Purworejo selama empat hari. Adapun tayangan dilakukan secara tapping atau rekaman yang dilakukan di Ganesha Convention Hall Gedung Wanita Ahmad Yani,” tandas Agung.

Selain tiga kegiatan tersebut, peringatan hari jadi kali ini juga akan dirangkai bersamaan dengan peringatan Hari Musik. Momennya bersamaan dengan hari kelahiran WR Supratman pada tanggal 19 Maret melalui acara Tribute to WR Supratman. Kegiatan tersebut, kata Agung, juga akan dilakukan secara virtual. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *