Melalui Pemilu Langsung, Hasna Fitria Terpilih Jadi Ketua OSIS SMPN 33

PURWOREJO, Hasna Fitria, siswa kelas 8A berhasil terpilih menjadi ketua OSIS SMPN 33 Purworejo tahun 2020-2021 melalui pemilihan secara langsung oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan di sekolah yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar nomor 92 itu. Hasna menggantikan Satria Bagus Alfianto yang kini telah duduk di kelas 9.

Ketua panitia Drs Sumirat, M.Pd mengatakan, Hasna mengungguli tiga kandidat lain yang disaring melalui seleksi sebelumnya.

“Seleksi mulai dilakukan pada Rabu (11/11) dengan menyaring 27 siswa yang berasal dari perwakilan masing-masing kelas yakni tiga orang per kelas,” jelas Sumirat, Selasa (24/11).

Disebutkan, ke-27 kandidat itu lalu mengikuti berbagai materi seleksi berupa kemampuan berorasi, penggunaan komputer, serta wawancara bakat minat.

Dari 27 kandidat itu panitia memilih enam besar untuk pengurus inti, empat besar diantaranya dipilih secara langsung untuk menentukan formasi ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara OSIS.

Para siswa mengikuti orasi kandidat

Hari Jumat dan Sabtu lalu (19-20/11), lanjut Sumirat, empat kandidat itu tampil menyampaikan visi dan misi mereka terlebih dahulu di hadapan ratusan siswa dan guru, sebelum tahapan pemilihan berlangsung.

Dalam acara yang diadakan di lapangan basket indoor SMPN 33 itu, tahapan dilakukan dengan menerapkan standar prokes. Selain cuci tangan, setiap siswa juga wajib memakai masker dan duduk berjarak satu dengan yang lain.

Teknisnya, para siswa secara berurutan memberikan hak pilih. Setelah mendapatkan surat suara, mereka munuju bilik suara untuk mencentang salah satu nama dari empat nama yang ada dengan menggunakan ballpoint mereka masing-masing. Surat suara itu kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang sudah disediakan berdasarkan angkatan kelas masing-masing.

Untuk menghindari kerumunan, kata Sumirat, setelah selesai melakukan pemilihan, siswa harus langsung menuju ke kelas dan langsung pulang.

“Sistemnya kami buat shift. Hari Jumat untuk siswa dengan nomor absen 1 hingga 16, sedangkan nomor absen 17 hingga 32 serta guru dan karyawan pada hari Sabtu,” jelasnya.

Suasana pemungutan suara

Hasilnya, sebanyak 643 suara yang memberikan hak pilih, berasal dari siswa, guru, dan karyawan, termasuk kepala SMPN 33 Purworejo. Hasilnya, Hasna Fitria memperoleh suara terbanyak yaitu 200, disusul Al Zalfah Ulhaq 197 suara, Inayatul Maula 118 suara dan Garindra Yoga Wicaksono kelas 8D 112 suara.

Menurut Sumirat, dari empat kandidat ketua OSIS itu, satu diantaranya adalah siswa kelas 7 yakni Al Zalfah Ulhaq yang terpilih sebagai wakil ketua OSIS. Sedangkan jabatan sekretaris OSIS dipegang oleh Inayatul Maula kelas 8D, dan bendahara OSIS yakni Garindra Yoga Wicaksono kelas 8D.

Kepala SMPN 33 Purworejo, Nikmatur Rohmah, M.Pd kepada Purworejonews menjelaskan, proses pemilihan ketua OSIS secara langsung merupakan bentuk aktualisasi dari pembelajaran proses demokrasi secara langsung. “Dengan cara ini siswa belajar mengenai tata cara berdemokrasi secara langsung,” ujar Nikma.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada panitia maupun siswa yang telah menyelenggarakan proses pemilihan dengan tertib dan sesuai prokes. “Karena masih pandemi, kita harus berhati-hati tanpa mengesampingkan makna proses demokrasi seperti saat ini,” ucapnya.

Nikma berharap ketua OSIS yang baru terpilih dapat memberikan contoh serta dapat memotivasi teman-temannya agar lebih berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *