Mahasiswa Undip dan PKK Dusun Banjaran Wetan Tanam Tanaman Apotek dan Warung Hidup

LOANO, Mahasiawa KKN Undip Tim I, Nur Faizah bersama ibu-ibu PKK Dusun Banjaran Wetan, Desa Loano, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo menanam tanaman apotek hidup dan warung hidup pada hari Minggu tanggal 24 Januari 2021 pukul 09.30-10.30 WIB. 

Kegiatan penanaman ini dilakukan karena dua faktor, yaitu dalam rangka pencegahan Covid-19 dan sebagai pemenuhan kebutuhan kebutuhan gizi keluarga. 

Melalui penanaman tanaman apotek hidup yang terdiri atas jahe, kunyit, dan kuncir diharapkan dapat membantu suplai warga akan obat-obatan tradisional yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menanam bibit di polybag

Sementara itu, melalui penanaman tanaman warung hidup yang terdiri atas cabai, terong, dan tomat dapat menjadi solusi akan ketersediaan pemenuhan kebutuhan dapur di tengah kesulitan ekonomi di masa pandemi ini.

Penanaman tanaman apotek hidup dan warung hidup ini dilakukan di halaman rumah Kepala Dusun Banjaran Wetan, Sudaryono. 
Media tanam yang digunakan berupa polybag yang di dalamnya berisi tanah berhumus yang telah dicampur dengan pupuk kandang yang telah masak. Bibit tanaman ini lalu ditanam ke dalam delapan puluh polybag.

Melalui kegiatan penanaman yang melibatkan masyarakat ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran warga masyarakat Dusun Banjaran Wetan akan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi dan obat-obatan di tengah pandemi ini. 
Nantinya warga juga dapat menerapkan penanaman tanaman apotek hidup dan warung hidup di rumah masing-masing. (**)

Penulis: Nur Faizah NIM: 13040217120016 Fakultas/Program Studi:  Fakultas Ilmu Budaya/Antropologi Sosial Dosen Pembimbing KKN : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *