social media button generator

 

PURWOREJO, Festival dan Lomba Durian Purworejo tahun 2017 yang digelar Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP), Selasa (5/12) dimenangkan oleh durian Manten milik Turahman warga Dukuh Ketaon, Desa Girijoyo, Kecamatan Kemiri, dengan skor 119. Juara II, durian Songkel Laos milik Sajidin Dukuh Plaosan, Desa Blimbing, Kecamatan Bruno. 

Sementara juara III durian Bima milik Suripto Dukuh Kliwonan, Desa Girijoyo Kecamatan Kemiri. Menyusul juara Harapan I, II, III, masing-masing, durian Bagong milik Lepot Dukuh Sepakis Desa Kaliglagah Kecamatan Loano, durian Kalikalong milik Purwanto Dukuh Kraguman Desa Kalikalong Kecamatan Loano dan durian Mas milik Whilda Silvi Liana Dukuh Kaligono Kecamatan Kaligesing. 

Kabid Pangan dan Holtikultura DP2KP Kabupaten Purworejo Ir Eko Anang Sofian selaku ketua panitia menyebutkan, Festival Lomba Durian Purworejo 2017 diikuti 9 kecamatan sentra durian yang ada di Purworejo. Tujuanya untuk mencari varitas unggul durian lokal Purworejo yang selama ini belum ditemukan. 

Kriteria penilaian meliputi bentuk, besar, tekstur buah, daging buah, ketebalan, legit, biji kecil, rasa dan aroma tidak terlalu menyengat. Dari pemenang lomba, juara I, II, III nantinya akan dijadikan varitas unggulan untuk dibudidayakan di Kabupaten Purworejo dan rencananya akan dijadikan ikon atau brand durian asli lokal Kabupaten Purworejo. 

Disamping itu juga akan diajukan ke Kementerian Pertanian sebagai varitas unggulan lokal Kabupaten Purworejo.

"Sampai saat ini belum ditemukan varitas durian unggulan lokal asli Purworejo,"kata Eko Anang. 

Dijelaskan, saat ini banyak sekali jenis durian di Kabupaten Purworejo. Namun dari hasil obsevarsi, yang paling istimewa dan beberapa kali meraih juara yaitu durian Sikatap dari Desa Kalitapas Kecamatan Bener. 

"Saat ini durian Sikatap menjadi ikon Kabupaten Purworejo, "katanya. 

Kata Anang, pada tahun 2018 mendatang durian Sikatap akan dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai veritas lokal unggulan brand Kabupaten Purworejo. Menurut Eko Anang, untuk saat ini harga durian Sikatap per bijinya mencapai Rp 70 ribu, itupun pembeli harus inden atau pesen dulu karena tidak dijual bebas di pasaran. (W5)

OPINI

  •  
    Oleh:  Atas S Danusubroto 
             
    PERATURAN DAERAH (Perda) Hari Jadi Kabupaten Purworejo No 9 Tahun 1994 dengan dasar primer Prasasti Kayu Arahiwang yakni tanggal 5 Oktober 901 M. Sesuai dengan Perda tersebut, kini usia Kabupaten Purworejo sudah 1.116 tahun dan sejak ditetapkannya Perda itu, kita sudah memperingati Hari Jadi Kabupaten Purworejo sebanyak 23 kali. Untuk menerbitkan Perda No 9 Tahun 1994  Panitia Perumus Hari Jadi Kabupaten Purworejo sudah bekerja selama dua tahun

    Read more...

 

SOSOK

Sekilas Purworejo


 

 

 


pengumuman didukcapil1

=============================================

 

Wisata

Iklan Kecik

Visitors

265423
TodayToday871
YesterdayYesterday1519
This_MonthThis_Month18791
All_DaysAll_Days265423