social media button generator

 

PURWOREJO, Sebanyak 16 anggota perguruan beladiri tenaga dalam Silat Roso Sejati Indonesia, mengikuti ujian kenaikan tingkat (harkat). Kegiatan dilakukan di sekretariat  Silat Roso Sejati Indonesia, sekaligus rumah ketuanya, Jendakita Ginting, di Rt 03 RW 04 Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Minggu (26/11).

Kegiatan harkat meliputi kenaikan tingkat dasar ke tingkat madya dan dan tingkat madya ke tingkat lanjut.

Rangkaian harkat diawali dengan apel bersama yaitu pengarahan dari dewan guru kepada anggota, dilanjutkan doa serta minum air suci, pengusapan kepala dengan air suci dan atraksi bela diri, yaitu pemukulan kepala menggunakan botol kaca dan diakhiri adu kesaktian anggota.

Ketua paguyuban beladiri tenaga dalam Silat Roso Sejati Indonesia, Jendakita Ginting mengatakan, harkat atau kenaikan tingkat dalam ilmu rogojati, yaitu dari tingkat dasar ke tingkat madia, dan dari tingkat madia ke tingkat lanjut. 

"Tingkat dasar diikuti 13 orang, dan tingkat madia 3 orang. Saat ini jumlah anggota Roso Sejati ada 120 orang, dengan latihan rutin dilakukan setiap Jumat malam di SMK Penabur Purworejo, "katanya. 

Dijelaskan Perguruan Silat Roso Sejati merupakan perguruan yang mengolah karunia yang diberikan oleh Allah, berupa bio energi, yang bisa digunakan untuk segala macam seperti kesehatan, penyembuhan juga untuk prestasi dalam bekerja dan untuk pertanian. 

Roso Sejati sendiri merupakan salah satu ilmu tenaga dalam pengembangan dari peguron pencak silat nampon atau dikenal dengan nama uwa nampon pada tahun 1888-1962, yang terkenal dengan salah satu muridnya yaitu Ir Sukarno, presiden pertama Indonesia.

"Roso sejati sendiri diajarkan dengan metode latihan olah pikir, rasa dan karsa yang menumbuhkan kekuatan dalam tubuh sebagai sarana bela diri atau pertahanan diri, "jelasnya. (W5)

OPINI

  •  
    Oleh:  Atas S Danusubroto 
             
    PERATURAN DAERAH (Perda) Hari Jadi Kabupaten Purworejo No 9 Tahun 1994 dengan dasar primer Prasasti Kayu Arahiwang yakni tanggal 5 Oktober 901 M. Sesuai dengan Perda tersebut, kini usia Kabupaten Purworejo sudah 1.116 tahun dan sejak ditetapkannya Perda itu, kita sudah memperingati Hari Jadi Kabupaten Purworejo sebanyak 23 kali. Untuk menerbitkan Perda No 9 Tahun 1994  Panitia Perumus Hari Jadi Kabupaten Purworejo sudah bekerja selama dua tahun

    Read more...

 

SOSOK

Sekilas Purworejo


 

 

 


pengumuman didukcapil1

=============================================

 

Wisata

Iklan Kecik

Visitors

265423
TodayToday871
YesterdayYesterday1519
This_MonthThis_Month18791
All_DaysAll_Days265423