social media button generator

PITURUH , Selamatan massal di  Desa Wonosido, Kecamatan Pituruh, Kamis (7/9) nalam diwarnai dengan ribuan panggang ayam. Setidaknya ada 30 ancak seukuran tempat tidur besar yang dilengkapi uborampe tumpeng yang dihiasi aneka makanan. Di bagian pinggirnya berpagar ratusan panggang ayam.

Tradisi selamatan 3 tahunan itu merupakan bagian dari selamatan ungkapan syukur atas hasil bumi yang melimpah. Jika di luar desa disebut nyadran atau rasulan, warga Desa Wonosido menyebutnya selamatan ancak.

Uniknya, dalam selamatan ancak, semua panggang dibagikan kepada tamu undangan. Setiap warga yang hadir mendapatkan paling tidak satu panggang ayam kampung. Sebelum dibagikan, terlebih dahulu dilakukan ritual doa.

Kepala Desa Wonosido, Sutopo (58), menjelaskan, tradisi ancakan sudah menjadi bagian hidup masyarakat Wonosido. Sebagaai simbol persembahan ucapan syukur kepada Allah.

Untuk perhelatan tersebut, satu ancak menghabiskan dana sekitar Rp 15 juta. Bahkan ancak terbesar menghabiskan Rp 20 juta lebih. Setiap ancak biayanya disangga oleh  10 sampai 15 warga.  

Dari 30 ancak tersebut, diperkirakan ada 4.000 an ekor ayam panggang sebagai persembahan. selamatan. Untuk menggelar tradisi ancaman itu diperkirakan menghabiskan biaya Rp 300 juta.(STS)

OPINI

  •  
    Oleh:  Atas S Danusubroto 
             
    PERATURAN DAERAH (Perda) Hari Jadi Kabupaten Purworejo No 9 Tahun 1994 dengan dasar primer Prasasti Kayu Arahiwang yakni tanggal 5 Oktober 901 M. Sesuai dengan Perda tersebut, kini usia Kabupaten Purworejo sudah 1.116 tahun dan sejak ditetapkannya Perda itu, kita sudah memperingati Hari Jadi Kabupaten Purworejo sebanyak 23 kali. Untuk menerbitkan Perda No 9 Tahun 1994  Panitia Perumus Hari Jadi Kabupaten Purworejo sudah bekerja selama dua tahun

    Read more...

 

SOSOK

Sekilas Purworejo

  • PURWOREJO, War (55) alias Dedi Putra warga Dusun II RT 03 RW 04 Desa Gaya Baru 4, Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah yang berdomisili di Sragen, MR alias Rian (37) warga jalan Teuku Umar Gg 2 RT 02 RW 02 Kelurahan Pasirsari, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan yang berdomisili Cirebon, dan M alias Mae (33) warga Kampung Pancasan RT 02 RW 07 Kelurahan Pasirjaya Kecamatan Kota Bogor Barat, Kabupaten Bogor, diringkus jajaran Sat Reskrim Polres Purworejo. Ketiganya diduga melakukan tindak pidana penipuan dengan modus penggandaan uang. 

    Read more...


 

 

 


pengumuman didukcapil1

=============================================

 

Wisata

Iklan Kecik

Visitors

234033
TodayToday102
YesterdayYesterday1467
This_MonthThis_Month23186
All_DaysAll_Days234033