Diresmikan, Rumah BUMN Telkom untuk Pasarkan Produk UMKM

KUTOARJO, Wakil Bupati Purworejo  Hj Yuli Hastuti, SH menyambut baik dan mengapresiasi keberadaan Rumah BUMN Telkom Purworejo. Keberadaan Rumah BUMN diharapkan mampu memperkuat ekonomi rakyat melalui peningkatan kualitas UMKM dan dapat menyerap produk-produk UMKM yang ada di Purworejo.

Hal tersebut disampaikan Wabup saat meresmikan Rumah BUMN Telkom Purworejo yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Kutoarjo, Jumat (12/3). Hadir koordinator Rumah BUMN Telkom Indonesia Sabri Rasyid, Deputi Eksekutif Vice Presiden Divisi Bisnis Servis Syaifudin, Asdep Bidang Pariwisata dan Ekopras Hermin, Asdep Kementrian BUMN RI Bidang Permodalan Suparman, Presiden Marketing Telkom Regional IV Jateng DIY Firmansyah, dan Plt Kadinkominfo Purworejo Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP, M.Si.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, UMKM merupakan usaha ekonomi produktif yang menjadi sandaran hidup sebagian masyarakat Indonesia dan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga pemerintah terus berupaya agar UMKM bisa terus berkembang, antara lain dengan memberikan fasilitasi baik dalam permodalan, peningkatan  sumberdaya manusia, hingga pemasaran produk-produk UMKM.

Dikatakan, pada era digital seperti sekarang ini, pemasaran tidak cukup dilakukan dengan cara konvensional,  namun harus bisa memanfaatkan internet yakni pemasaran online (daring). Dalam kaitan ini, maka Telkom mupun penyedia layanan telekomunikasi lainnya memiliki peran yang sangat penting dan strategis.

Wabup menyimak penjelasan Koordinator Rumah BUMN Telkom Sabri Rasyid

“Mudah-mudahan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) dalam bentuk Rumah BUMN Telkom ini, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku UMKM, sekaligus menginspirasi komponen lainnya untuk ikut memberikan sumbangsih bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wabup. 

Sementara itu Sabri Rasyid menjelaskan, melihat potensi ekonomi di Purworejo maka pihaknya bertekad mendirikan Rumah BUMN Telkom, untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran produk UMKM melalui digital. Tujuannya untuk pemberdayaan UMKM supaya bisa memasarkan secara online. 

“Rumah BUMN Telkom ini juga sebagai upaya untuk membantu UMKM seperti  pengurusan izin UMK, penyaluran program kemitraan, maupun pelatihan pemasaran,” ungkapnya. 

Di Rumah BUMN Telkom tersedia  fasilitas internet, foto produk, dan tempat gratis untuk UMKM. Tips untuk UMKM maju antara lain inovasi, kolaborasi, dan digital. Ada lima peran Rumah BUMN Telkom yakni pengembangan UMKM, basecamp millenials, co-working space, informasi tanggap bencana, serta program kemitraan dan KUR. 

“Di Rumah BUMN ini juga disediakan beberapa sampel produk UMKM Purworejo yang siap jual. Namun yang terpenting mengarah pada pasar digital melalui jual beli online,” ujar Sabri. (**/Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *