Dinas Perhubungan Sediakan Lajur Khusus Pesepeda di Jalan Raya

PURWOREJO, Kabar gembira bagi para pengguna sepeda yang biasa menggowes di jalan raya seputar kota Purworejo. Untuk memberikan akses keselamatan bersepeda di jalan, Dinas Perhubungan membuat lajur khusus sepeda. Lajur itu sekarang sudah bisa digunakan, yakni berupa lajur di sisi kiri jalan dengan garis bercat hijau di beberapa titik.

Kabid Lalu lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Deasy Ari Wulandari, SE, MM saat dihubungi, Rabu (23/12) menjelaskan, akhir tahun ini Kementerian Perhubungan memang memberikan bantuan berupa lajur sepeda di wilayah Purworejo dan Kota Magelang untuk wilayah Kedu. Disamping itu juga dibantu oleh RSUD RAA Tjokronegoro.

Lajur sepeda itu dibuat berdasarkan Permenhub Nomor 59 tahun 2020 tentang Aturan Keselamatan Pesepeda di Jalan. Untuk Purworejo, kata Deasy, dibuat dalam dua segmen. Segmen 1 memanjang dari Simpang 4 Monumen A Yani – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Jenderal Sudirman. Sedangkan segmen 2 yakni dari ruas Jalan Mayjen Sutoyo hingga seputar Alun-alun Purworejo.

Selain lajur sepeda, lanjut Deasy, Dishub juga memberikan bantuan berupa rak sepeda yang rencananya akan diletakkan di sekitar alun-alun. Tal hanya itu, Dishub juga memberikan sarana bagi pengguna angkutan umum berupa pembagunan halte di enam lokasi.

Keenam lokasi tersebut yakni di SMPN2, SMPN 31, RSUD Dr Cokronegoro, SMAN 2, SMAN 3, dan Simpang 3 Bayan. Dengan demikian tahun ini Purworejo mendapat tiga paket bantuan sarana sekaligus dari Dishub berupa dua segmen lajur sepeda, 12 unit rak sepeda, dan enam halte angkutan umum.

Menurut Deasy, bantuan itu diberikan agar masyarakat Purworejo lebih tertib dan tertata khususnya dalam hal penggunaan sarana umum, serta agar digunakan sesuai fungsinya. Bantuan itu diberikan untuk memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi para pengguna jalan raya baik pada pesepeda maupun pengguna kendaraan umum. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *