Di Pesantren Ramadhan SMPN 3 Purworejo, Siswa Dapat Materi Broadcast dan Penulisan Cerpen

KUTOARJO, Selama empat hari berturut-turut, 240 siswa kelas 7 dan 8 SMPN 3 Purworejo mengikuti Pesantren Ramadhan di aula sekolah setempat. Mereka terbagi dalam empat sesi yakni mulai Rabu hingga Sabtu (5-8/5).

Meski betema Pesantren Ramadhan, tapi materi yang disampaikan tidak melulu tentang agama atau pengajian belaka. Seperti yang disampaikan Kepala SMPN 3 Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd, M.Pd. Menurutnya pesantren kali ini berbeda dengan pelaksanaan di waktu sebelumnya.

“Dulu selama pesantren ramadhan hanya digunakan untuk kegiatan mengaji atau kajian Al quran. Tapi tahun ini selain materi keagaaman juga diselipkan, antara lain materi broadcasting, penulisan cerpen dan sosialisasi tentang Undang-Undang ITE,” jelas Tarmiyah.

Kepala SMPN 3 Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd, M.Pd.

Pematerinya pun dari sumber yang kompeten di bidangnya.

“Untuk broadcasting kami undang kru Radio Irama FM, penulisan cerpen oleh novelis Atas Danusubroto yang telah menghasilkan banyak karya tulisan. Adapun untuk materi sosialisasi ITE kami menghadirkan Polsek Kutoarjo,” imbuhnya.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan dengan prokes ketat itu Tarmiyah berharap agar para siswa bisa mengamalkan ilmu yang sudah didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kegiatan Pesantren Ramadhan

Selain itu, kegiatan terssbut juga dapat diikuti oleh siswa melalui kanal youtube yang menayangkan kegiatan secara langsung.

Pada akhir kegiatan semua siswa wajib mengikuti tugas akhir yang diberikan oleh pengampu. Jadi, semua siswa kelas 7 dan 8 wajib ikut meski pilihannya bisa datang ke sekolah atau mengikuti melalui kanal youtube.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa siswa, selain juga tambahan ilmu yang bermanfaat,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Balasan