Bupati: Negara Membutuhkan Pers untuk Lawan Kekacauan Informasi

PURWOREJO, Pungkasan acara Hari Pers Nasional (HPN) ke-36 tahun 2021, Pewarta Purworejo menggelar acara resepsi pada Senin malam (15/2) di pendopo kabupaten. Bupati Agus Bastian beserta jajaran Forkopimda serta Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Rita Purnama hadir dalam acara yang berlangsung hangat tersebut.

Ketua Pewarta Edi Suryana mengatakan, acara resepsi merupakan puncak kegiatan Pewarta Purworejo dalam peringatan HPN ke-36 tahun ini. “Sebelumnya kami telah memberikan santunan kepada 26 orang duafa dan anak yatim. Selain jtu juga berziarah ke makam tiga mantan bupati dan tiga rekan wartawan yang sudah mendahului kami,” kata Edi.

Hadirin juga mendengarkan sejarah pers di Indonesia yang disampaikan oleh Ahmad Nas Imam, wartawan senior yang merupakan pemimpin redaksi Media Online Purworejonews. Potong tumpeng menjadi puncak acara resepsi yang dilanjutkan dengan gendhu-gendhu rasa antara pewarta dengan hadirin.

Selain itu Bupati juga menerima dua buah buku karya Atas Danusubroto, wartawan senior yang juga novelis produktif sekaligus sejarawan. Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi pers yang berperan sangat penting dalam pembangunan daerah, terutama dalam menyuguhkan informasi kepada masyarakat luas.

Bupati bersama awak media

“Termasuk di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun lamanya. Sehingga tema dalam HPN kali ini yakni Bangkit dari Pandemi, Pers Inspiratif Mengawal Rakyat Sehat, sungguh sangat relevan dengan kondisi aktual saat ini,” ucapnya.

Menurut Bupati, negara membutuhkan kehadiran pers untuk melawan kekacauan informasi, penyebaran hoaks, dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi.

Pers, kata Bupati, menjadi garda terdepan untuk mencerahkan masyarakat, meluruskan informasi yang kurang akurat, dan turut meredakan kepanikan yang melanda masyarakat.

Termasuk dalam menghadapi situasi yang tidak normal seperti ancaman virus corona saat ini, peran pers juga sangat dibutuhkan untuk membantu menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat .

“Saya menyampaikan apresiasi kepada insan pers yang dalam lima tahun terakhir secara konsisten telah mewartakan kerja-kerja pemerintah daerah, memberikan dukungan, juga memberikan masukan dan kritik-kritik yang membangun kepada pemerintah,” pungkas Bupati. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *