Wartawan Purworejo Ekspres Juara III Lomba Jurnalistik Investasi

PURWOREJO, Wartawan Harian Purworejo Ekspres/Magelang Ekspres, Eko Sutopo (31) memenangi Lomba Jurnalistik Investasi bagi Wartawan yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah Tahun 2018. Lewat tulisan berjudul Membaca Peluang Investasi di Kabupaten Purworejo. Ada Bandara NYIA, Jadi Gerbang Baru Jawa Tengah, Eko Sutopo berhasil meraih juara ketiga.
Lomba jurnalistik bertajuk ‘Menjadikan Jawa Tengah Ladang Investasi 2025’ tersebut menetapkan pemenang pertama Puji Purwanto dari Suara Merdeka wilayah Banyumas dengan judul tulisan Berkolaborasi Bangun Jejaring dan Investasi. Disusul juara kedua Modesta Fiska dari Suara Merdeka Biro Kota Semarang dengan tulisan berjudul ‘Semarang Magnet Investasi Properti. Sementara juara harapan yaitu Iis Zatnika dari Media Indonesia yang menulis karya berjudul ‘Selalu Ada Pelesir di Lebaran.
Penghargaan bagi para juara diserahkan oleh Kepala DPMPTSP Jateng, Prasetyo Aribowo, saat apel pagi di halaman kantor setempat, Senin (13/8). Prasetyo menyatakan apresiasnya kepada para wartawan yang telah memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan investasi Jateng melalui karya-karya jurnalistiknya.
”Semoga tidak berhenti sampai disini. Kami berharap dapat lebih terpacu untuk berkarya, termotivasi dalam menulis demi kemajuan Provinsi Jawa Tengah,” kata Prasetyo.

Kabid Pengelolaan Data dan Informasi DPMPTSP Jateng, Tjipyono Lukito Raharjo, menjelaskan bahwa aspek-aspek yang dinilai dalam lomba meliputi objektivitas dan keberimbangan, kedalaman dan kelengkapan, akurasi, cara penyampaian serta inspirasi dan tawaran solusi. Penilaian dilakukan oleh dewan juri dari akademisi seperti Nurul Hasfi (Fisip Undip), MG Westri Kekalih (FEB Unika Soegijapranata) dan Ully F Manik dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng.
“Ajang ini baru pertama kali diselenggarakan. Kita upayakan agar dapat menjadi agenda tahunan dan dapat diikuti oleh para jurnalis di daerah, tidak hanya cetak, melainkan juga online,” jelasnya.
Sementara itu, Eko Sutopo saat dikonfirmasi usai penerimaan penghargaan mengaku bersyukur. Adanya pengalaman lomba serta prestasi kali ini kian memotivasi untuk lebih banyak belajar terkait kepenulisan jurnalistik. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *