Warga Tak Perlu ke Disdukcapil, Mengurus Dokumen Kependudukan Cukup di PATEN Kantor Kecamatan

PURWOREJO, Masyarakat dihimbau agar dalam mengurus keperluan dokumen kependudukan dilakukan di tempat Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang lokasinya di tiap kantor kecamatan. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), karena prosedur dan prosespelayanan di PATEN sama dengan di kantor Disdukcapil.
“Sejak akhir 2018 di tiap kantor kecamatan dibuka PATEN untuk melayani perekaman dan pencetakan KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Kartu Keluarga dan lain-lain. Ini untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data pada Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Suryadi, ST, MM di ruang kerjanya, Jumat (14/6).

Suryadi mengakui, hingga kini masih banyak warga yang rela antre di kantor Disdukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan. Saking banyaknya pemohon bahkan Disdukcapil membuat loket tambahan di halaman kantor.
“Padahal seharusnya bisa dilakukan di tempat yang lebih dekat dengan rumah warga, yaitu fi di kantor kecamatan. Pelayanannya sama dan juga gratis,”tandas Suryadi.
Pantauan wartawan Purworejonews di kantor PATEN Kecamatan Purworejo, Jumat (14/6) pagi, hingga pukul 11.00 jumlah pemohon yang mengurus dokumen kependudukan hanya delapan orang. Warga tidak perlu antre atau menunggu lama. Begitu datang warga langsung dilayani.
Menurut petugas PATEN Kecamatan Purworejo, tiap hari jumlah pemohon hanya berkisar 8-10 orang, kecuali Kamis (13/6) kemarin yang mencapai 22 orang. Mereka dilayani oleh seorang petugas administrasi dan seorang operator.
Untuk diketahui, dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Disdukcapil Kabupaten Purworejo juga membuka pelayanan di hari Minggu. Yaitu pelayanan di kantor Dinas melayani dan di arena Car Free Day (CFD) Pendopo Bupati Purworejo serta CFD Pendopo Wakil Bupati di Kutoarjo. (Nas)

Tinggalkan Balasan