Wakil Ketua TP PKK Prihatin Masih Banyak Kasus Kekerasan Menimpa Anak-anak

PURWOREJO, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dra Erna Setyowati Said Romadhon prihatin banyak kasus yang menimpa anak seperti penelantaran, bully, kekerasan seksual, fisik dan lain-lain. Anak-anak sebagai generasi emas harus dijaga menjadi sehat dan berkarakter.

“Kita bersama mengharapkan kemajuan bangsa dan adanya penerus yang hebat untuk mengganti tongkat estafet kepemimpinan sekarang. Sistem dan perangkat pendidikan harus kita perbaiki bersama demi tercetaknya generasi yang hebat,”tegas Erna Setyowati pada pelatihan Parenting di Gedung Aula PKK Purworejo, Sabtu (5/5). Pelatihan diikuti 50 kader BKB (Bina Keluarga Balita) se-Kabupaten Purworejo.

Menurut Erna, generasi emas akan terwujud jika sistem dan pola pendidikan diterapkan ditambah pembinaan karakter emosional dan akhlak yang baik. Juga adanya dukungan lingkungan dan masyarakat.

Sementara itu Fera Arisatyo Dimyati., S.Psi, M.Psi, aktivis Puspaga Purworejo, mengungkapkan, era dan tantangan yang berbeda memaksa orang tua harus kreatif memberikan pendidikan kepada anak.

“Anak zaman now tak bisa diperlakukan sama dengan anak zaman dulu, ketika disiplin semi militer yang dekat dengan hukuman fisik begitu menonjol dan mendominasi,”ujarnya.

Dikatakan, orang tua harus belajar terbuka mengenali keberadaan dirinya sendiri, baru kemudian memberikan contoh kepada anak. Jangan sampai anak-anak menjadi bingung saat orang tua menyuruh displin, tapi anak disuguhi pemandangan dan perilaku orang tua yang jauh dari yang diperintahkan kepadanya,” kata Fera. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *