Wabup Yuli Hastuti: Keberhasilan Kopwan Srikandi Bukan Hasil Instan

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH mengungkapkan, capaian Kopwan Srikandi bukanlah hasil instan, melainkan melalui proses kreatif dan kerja keras para pengurus dan anggotanya. Salah satu hasil nyata di antaranya kesuksesan VCO produksi Kopwan Srikandi yang berhasil masuk dalam gerai perusahaan multinasional Lotte Mart.
Sedangkan gula kristal produksi Kopwan Srikandi juga telah mampu menembus pasar ekspor ke Australia dan Srilanka.
Kopwan Srikandi yang diketuai Sri Susilowati saat ini juga telah mampu melakukan proses mulai dari sertifikasi, pelatihan, pendampingan, bantuan alat hingga pemasarannya. Semakin banyak produksinya, maka margin penambahan nilai yang diterima dari petani sampai dengan koperasi juga akan bertambah banyak.
“Ini merupakan bentuk nyata pemberdayaan masyarakat sampai paripurna, yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan,” ungkap Wabup saat menerima kunjungan delegasi 13 negara dalam rangka Exchange Visit 2018, Rabu (24/10).
Menurutnya, potensi kelapa di Purworejo cukup melimpah. Namun diakui, pengelolaannya belum optimal.
“Dari kunjungan ini saya berharap ke depan ada peningkatan dan kerja sama,” sebutnya.
Saat berkunjung ke tempat produksi gula kelapa kristal organik Kopwan Srikandi, para delegasi diajak melihat langsung bagaimana proses produksinya. Mereka juga mendapatkan pemaparan langsung dari Sri Susilowati.
“Sebenarnya produk kelapa dan turunannya ini prospeknya bagus di dunia internasional. Karena itu, kami tidak menjual kelapa dalam bentuk utuhan, tapi jadi produk-produk turunannya seperti VCO, minyak goreng, gula kristal organik,” ujar Sri Susilowati. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *