Wabup : Satpol PP Harus Konsisten Jaga Wibawa Pemda

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH mengatakan, Satpol PP sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dapat terus konsisten dalam menjaga citra dan wibawa Pemerintah Daerah. Jargon Praja Wibawa tidak hanya menjadi sekedar kata-kata hiasan tanpa makna, tetapi harus terus ditanamkan di hati dan jiwa setiap anggota Satpol PP dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas operasional di lapangan.

Hal itu ditegaskan pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 68 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke 99 Pemadam Kebaran (Damkar), dan HUT ke 56 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), di halaman Gedung Setda Purworejo, Senin (5/3).

Yuli Hastuti mengatakan, di era otonomi daerah, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, termasuk di dalamnya bidang perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang telah diserahkan ke daerah.

“Kepala Daerah mempunyai peran yang sangat dominan dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat melalui penegakkan peraturan daerah, yang dalam pelaksanaannya didelegasikan kepada Satpol PP,”kata Wabup.

Yuli Hastuti juga menyampaikan apresiasi kepada Satpol PP Damkar yang telah dan terus menyiapkan diri mendukung proses pemindahan pedagang pasar Baledono, penertiban kawasan alun-alun, serta sejumlah lokasi lainnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Purworejo Budi Wibowo, S.Sos, MSi menjelaskan, peringatan HUT kali ini selain upacara juga dilakukan pemusnahan 400 botol minuman keras (miras).

“Miras yang dimusnahkan sebanyak 400 botol berbagai jenis. Jumlah keseluruhan miras yang disita sebanyak 800 botol, namun yang 400 botol jadi barang bukti di Kejaksaan,” jelasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *