Wabup: Masyarakat Jangan Gantungkan Bantuan Pemerintah

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH mengatakan, berbagai bentuk bantuan kepada masyarakat baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat terus mengalir. Semua bantuan diharapkan untuk kesejahteraan penerima manfaat dan untuk meningkatkan pendapatan keluarga yang tujuannya untuk pengentasan kemiskinan. Salah satunya bantuan untuk kegiatan pelatihan batik ecoprint ini.

“Kita semua harus memulai berlatih mandiri. Tidak selalu menggantungkan bantuan, karena tidak selamanya program bantuan terus ada. Maka kita harus bisa berinovasi memanfaatkan dan mengmbangkan bantuan secara maksimal,” tandas Yuli Hastuti pada pelatihan batik ecoprint bagi pengurus dan anggota TP PKK Kelurahan Purworejo, di aula kelurahan setempat, Selasa (15/9).

Selain Wabup Yuli Hastuti, juga hadir pula Camat Purworejo Sudaryono SSos, Kepala Kelurahan Adi Pawoko, SSTP M.Si, Ketua TP PKK Kelurahan Purworejo Sri Susilowati SE, dan sejumlah pengurus PKK.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, program bantuan yang dimanfaatkan untuk pelatihan ini sangat tepat, karena pemerintah sudah mengingatkan bantuan jangan hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, tetapi juga pembangunan sumberdaya manusia.

“Hasil dari pelatihan ini agar dipraktekkan juga agar bekerjasama dengan pihak kelurahan atau kecamatan dalam penyediaan seragam batik,” katanya. 

Demikian juga pembuatan souvenir, juga bisa digunakan untuk hajatan pernikahan dan sebagainya. Sehingga produk sendiri dapat terangkat dan terpromosikan dengan baik.   

Sementara itu Adi Pawoko mengatakan, kegiatan pelatihan batik ecoprint  dilaksankan selama dua hari yang diikuti perwakilan pengurus dan anggota PKK Kelurahan Purworejo. Tujuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dalam membatik ecoprint yang harapannya akan dapat meningkatkan income keluarga. 

“Jika hasil batik ecoprint bisa bagus dan memuaskan, maka kelurahan langsung inden 10 paket batik. Kami akan mengarahkan ketua RT, ketua RW untuk menggunakan batik produk PKK sendiri,” ujarnya. (Nas)

Tinggalkan Balasan