Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Akan Dipusatkan di Desa Wareng

PURWOREJO, Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dipusatkan di Desa Wareng, Kecamatan Butuh, Minggu (10/11) mendatang. Lokasi yang dipilih untuk tempat upacara yaitu Taman Makam Pahlawan Tentara Pelajar Desa Wareng.

Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo Anas Naryadi, SH, MM yang ikut dalam rapat tersebut mengatakan, Pemkab Purworejo siap menjadi tempat palaksanaan Upacara Hari Pahlawan tahun 2019. Pihaknya bersama stakeholder Pemkab Purworejo akan bersama-sama menyukseskan kegiatan tersebut.
Dijelaskan, dipilihnya Desa Wareng sebagai lokasi upacara Hari Pahlawan diputuskan dalam rapat koordinasi di kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (4/11). Rapat dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana, SH, MSi, diikuti sejumlah instansi terkait, termasuk dari Pemkab Purworejo.
“Menurut rencana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan bertindak sebagai inspektur upacara, dengan cadangan Ketua DPRD Jawa Tengah. Sedangkan pemimpin upacara akan dipercayakan kepada Komandan Yonif MR 412/BES, dengan cadangan Komandan Batalyon Armed 3,”jelas Anas Naryadi.

Dikatakan, upacara Hari Pahlawan akan diikuti oleh 1.000 peserta terdiri atas berbagai unsur, mulai dari TNI, Polri, OPD, BUMN/BUMD, veteran, pelajar, pramuka, organisasi kepemudaan dan sebagainya. Usai upacara dilanjutkan dengan acara tabur bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng.

Tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah Aku Pahlawan Masa Kini. Gladi kotor pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan hari Jumat (8/11), sedangkan gladi bersih dilaksanakan Sabtu (9/11).
Anas meminta kepada seluruh masyarakat untuk turut berperan aktif dan dukungan dalan peringatan Hari Pahlawan 10 Novembet 2019. Yakni dengan ikut menggelorakan semangat perjuangan dan cinta NKRI. (*)
Ia mengungkapkan, Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang dikenal banyak melahirkan pahlawan dan tokoh nasional. Antara lain komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya yaitu WR Soepratman, yang lahir di Dukuh Tembelang, Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing.

Selain itu juga Jenderal Oerip Soemohardjo, dan Jenderal Anumerta Ahmad Yani yang merupakan Pahlawan Revolusi, Jaksa Agung pertama Mr Kasman Singodimedjo, Letjen Sarwo Edhie Wibowo, Mr Wilopo, dr Tjitrowardojo. (*)

Tinggalkan Balasan