Untuk Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Purworejo Berupaya Raih Sertifikat ISO 9001:2015

PURWOREJO, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo kembali menjalani audit eksternal dari Badan Sertifikasi QRS, Jumat (4/10). Audit eksternal tersebut untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 seperti yang diraih tahun lalu oleh lembaga yang sama.

Tim Auditor QRS yang dipimpin Subandi diterima oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Purworejo, Dr Akhmad Kasinu, M.Pd, didampingi Sekretaris Disdukcapil Lilos Anggorowati, para kepala bidang dan kepala seksi, di aula setempat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Purworejo Dr Akhmad Kasinu, M.Pd dalam paparannya menjelaskan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Disdukcapil mengembangkan empat Budaya Kerja. Yaitu Semangat (Selalu Maju Mengikuti Aturan), Inovatif (Ingin Observasi Realistis Tidak Fiktif), Handal (Harus Aman Data dan Langsung Proses), Kreatif (Kerjasama Responsif Empati Akurat Berbasis Teknologi Informasi).

“Motto kami Syarat Lengkap, Proses Cepat dan Tepat, dan tetap gratis,”ujar Kasinu.

Menurut Kasinu, kecepatan pelayanan jadi prioritas utama Disdukcapil untuk meningkatkan angka kepuasan masyarakat. Ukuran kecepatan yaitu penyelesaian permohonan dokumen kependudukan hanya satu jam dan bisa ditunggu.

Dijelaskan, penguatan kualitas pelayanan publik merupakan penjabaran dari Visi Misi Bupati Purworejo butir 6. Hal itu diwujudkan dengan melakukan inovasi peningkatan kualitas pelayanan, sehingg jadi lebih mudah, dekat, cepat, akurat dan tetap gratis.

Disamping itu juga secara periodik Disdukcapil melakukan survey kepuasan masyarakat. Hasil survey digunakan untuk bahan evaluasi dan perbaikan pelayanan, sehingga diharapkan angka kepuasan masyarakat selalu tinggi.

Dr Akhmad Kasinu juga menjelaskan, Disdukcapil telah bekerjasama dengan seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Purworejo dalam pembuatan akta kelahiran dan akta kematian. Juga bekerjasama dengan desa dan kelurahan dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran dan akta kematian melalui program SIAK Relasi.

“Kami juga melaksanakan program layanan Seven In One, yaitu memberikan tujuh pelayanan dalam satu permohonan. Yaitu dalam pencatatan perkawinan non muslim, langsung kami buatkan tujuh dokumen kependudukan. Sedang dalam layanan Tri In One, permohonan akte kelahiran langsung memperoleh tiga dokumen kependudukan sekaligus, yaitu akte kelahiran, KK dan KIA,”pungkasnya. (Nas)

Tinggalkan Balasan