Untuk Tarik Investor, BUMDes Agar Dukung Pengembangan Pariwisata dan Produk Lokal

KALIGESING, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diminta mendukung pengembangan pariwisata desa melalui unit pariwisata Pokdarwis. Keberadaan bandara YIA di Kulon Progo merupakan peluang bagi BUMDes di Purworejo untuk mengambil manfaat secara ekonomi demi kesejahteraan masyarakat Purworejo.

“Oleh karena itu BUMDes harus didorong untuk terus meningkatkan berbagai inovasi agar berkembang, “tandas Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, dalam Forum Dialog Bersama BUMDes  di Desa Jelok, Kecamatan Kaligesing, Kamis (25/6).

Bupati berharap BUMDes dapat menarik investor untuk datang ke Purworejo. Salah satu produk yang bisa ditawarkan adalah madu klanceng. 

“Sudah ada investor dari Amerika dan China yang tertarik dengan madu klanceng. Saya yakin investor itu jadi (membeli), nanti madunya kita setor dari BUMDes atau petani. Tinggal dikemas dengan baik saja,” kata Bupati.

Pitoyo menyampaikan usul Forum BUMDEs

Bupati optimistis BUMDes akan meningkatkan perekenomian masyarakat. Hal ini merupakan cita-cita luhur para pemangku kepentingan di desa. 

“Mari bersama-sama memajukan desa, agar lebih berdaya,” imbuhnya.
Sementara itu Pitoyo, S.Pd, Ketua Forum BUMDes Kabupaten Purworejo mengatakan BUMDes se Kabupaten Purworejo siap mendukung suksesnya program pemerintah di sektor pariwisata.

“Sejumlah BUMDes telah menyiapkan paket wisata yang menarik bagi wisatawan. Selain itu berbagai produk lokal yang telah dikemas dengan baik juga telah siap,” kata Pitoyo.

Forum BUMdes Purworejo, lanjut Pitoyo, mengusulkan agar program e-warung ke depan dapat lebih memberdayakan BUMDes. Yakni dengan membelanjakan kebutuhan e-warung ke BUMDes di tiap desa. Dengan begitu diharapakan setiap BUMDes dapat lebih berdaya dan terjadi perputaran ekonomi di desa.

“Kami siap menudukung program pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, BUMDes yang maju tentunya juga akan memajukan desanya,” kata Pitoyo. (Nas)

Tinggalkan Balasan