Untuk Merawat Kebersamaan, TMMD Sengkuyung I Dipusatkan di Cacaban Kidul

BENER, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 yang dipusatkan di Desa Cacaban Kidul, Kecamatan Bener, Rabu (4/4) dibuka oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH. Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Wabup.

Pembukaan dihadiri okeh Ketua DPRD Purworejo Luhur Pambudi Mulyono, ST, MM, Dandim 0708 Letkol Inf Aswin Kartawijaya, Kajari Alex Rahman SH MH, Danyon Inf 412 Mekanis, Mayor Inf Iman Widhiarto, Wakil Ketua Pengadialan Negeri Sutarno SH MHum, Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya SIK, Sekda Purworejo Drs Said Romadhon dan sejumlah pejabat TNI dan OPD Purworejo.

Plt Gubernur Jateng Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si dalam sambutan yang dibacakan Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan, TMMD bertujuan untuk mengikat dan merawat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan.

Sebagai program sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta segenap masyarakat, TMMD merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan.

“Program TMMD tahap l tahun anggaran 2018 yang berlangsung dari 4 April sampai 3 Mei 2018 akan kita arahkan untuk membangun infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan masyarakat didaerah,” terangnya.

Sementara itu Pasiter Kodim 0708 Kapten Arm Misno melaporkan, kegiatan yang dilaksanakan antara lain pembuatan corblok jalan sepanjang 650 meter dengan lebar 2,5 meter.

Selain itu juga pembuatan talud sepanjang 20 meter, dengan tinggi 2 meter dan lebar 40 cm. Juga pembuatan gorong-gorong di dua tempat dan pembersihan drainase jalan sepanjang 1.300 meter serta pembuatan 1 unit mushola.

“Sumber dana berasal dari APBD Provinsi sebesar Rp 140 juta, APBD Kabupaten sebesar Rp 55 juta, PT Taspen sebesar Rp 30 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 15 juta. Jumlah total sebesar Rp 240 juta,” katanya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan dari Kemenag untuk fakir miskin sebesar Rp 2 juta, pemasangan alat listrik dari Baznas 5 unit, pembuatan gazebo dari Bank Jateng, dan bantuan rehab mushola dari PT Taspen sebesar Rp 30 jt.

Juga diserahkan bantuan bibit durian 40 batang, bibit mangga 40 batang dan pupuk organik 250 kg dari Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo. (Nas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *