Untuk Cetak Calon Pemimpin, Sekolah Dasar KUB dan UM Purworejo Tandatangani MoU

PURWOREJO, Sekolah Dasar Kepemimpinan Umat dan Bangsa (SDKUB) Muhammadiyah Purworejo dan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam peningkatan SDM.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag dengan Kepala SDKUB Muhammadiyah Purworejo, Eko Nurrahmad, S.Pd, di kampus UM Purworejo, Selasa (16/1).

Penandatangan MoU tersebut menurut salah satu tim pengembang dankkkk kurikulum SDKUB Muhammadiyah Purworejo, Nuryadin M.Pd, merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan SDM seperti yang tercantum dalam salah satu isi MoU. Disamping juga menjalin kerjasama dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

Nuryadin berujar, karakter atau jiwa kepemimpinan (leadership) harus dibentuk sedini mungkin agar anak dapat maksimal mengembangkan diri menjadi pribadi yang tangguh dan bermartabat, serta dapat membawa kemajuan bagi umat dan masyarakat. Hal itulah yang mendasari didirikannya SDKUB Muhammadiyah Purworejo.

Sekolah yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Purworejo itu dibentuk untuk menjawab krisis kepemimpinan yang sedang dialami bangsa ini.
Adapun karakter Jenderal Soedirman menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum yang memadukan disiplin ala (semi) militer serta akhlak yang mulia.

Disamping menggunakan Kurikulum tahun 2013, SDKUB Muhammadiyah Purworejo juga menggunakan kurikulum kepemimpinan seperti di SMA Taruna Nusantara dengan kurikulum semi militer. Bentuknya selain dimasukkan dalam setiap pelajaran juga ada materi khusus, termasuk materi baris berbaris untuk penguatan fisik siswa.

Selain itu SDKUB juga menerapkan pendekatan multipel termasuk pengembangan seni dan non akademik lainnya.

Saat ini SDKUB Muhammadiyah memiliki 14 siswa dengan 6 tenaga pengajar dimana 2 diantaranya adalah Hafidzah. Di lahan seluas 5.000 m2 nantinya akan dibangun asrama sehingga sekolah ini akan berbentuk boarding school, selain juga peningkatan sarana prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

Nuryadin berharap SDKUB Muhammadiyah Purworejo dapat menjadi sekolah unggulan yang meluluskan siswa yang kelak dapat menjadi pemimpin berkarakter dengan disiplin tinggi serta dapat memberikan pencerahan bagi agama serta bangsa Indonesia. (Yudia Setiandini)

Tinggalkan Balasan