Untuk Bangun Komunikasi dan Sinergi, Forkompinca Grabag Gelar Tarhim ke Ormas-ormas Islam

GRABAG, Dalam rangka memakmurkan bulan Ramadhan, Forkopimca Grabag didukung UPT Dinas Kecamatan menggelar Tarawih Shilaturrahim (Tarhim) ke seluruh Ormas Islam di Kecamatan Grabag. Tarhim dilakukan secara bergiliran meliputi di MWCNU Grabag, PC Muhammadiyah Grabag, PC LDII Grabag, PC MTA Grabag dan Ponpes Mambaul Hikmah Nambangan.

Camat Grabag, Ahmad Jainudin, S.IP menjelaskan, Tarhim bertujuan membangun komunikasi dan sinergi dengan seluruh umat Islam tanpa memandang sekat organisasi. Juga melakukan pendekatan, deteksi dan pencegahan secara dini potensi radikalisme, terorisme dan konflik antar kelompok.

Didamping itu juga menciptakan kerukunan dan keharmonisan hubungan umat lintas ormas, peningkatan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan tramtibum selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo untuk melakukan perubahan besar Kabupaten Purworejo menyambut bandara NYIA, Bendung Bener, Pembangunan Kawasan Selatan dan upaya menarik investor termasuk wacana pembangunan pelabuhan laut dalam, perlu didukung masyarakat Purworejo,”tandas Jaenudin.

Tarhim diawali di Masjid Al Huda Desa Tlepokwetan, Sabtu (19/5) lalu. Tarhim dihadiri pengurus dan jamaah NU dari 32 desa.

Ketua MWCNU Grabag, K Masykur Mursyidi, M.Si mengungkapkan, keluarga NU, Muslimat, Fatayat, Anshor, Banser, IPNU dan IPPNU menyambut antusias kegiatan Tarhim tersebut.

“Sudah saatnya kita tidak sibuk dengan perbedaan khilafiyah, keluarga besar NU siap mendukung seluruh program Camat dan Forkopimca. Setiap Tarhim akan ditugaskan 5 anggota Banser untuk mengawal,”tegas K Masykur.

Tarhim Forkompinca berikutnya di PC
Muhammadiyah Grabag, berlangsung di Masjid Baiturrahim pada 23 Mei.
Ketua PC Muhammadiyah Grabag, H Rohmadi, mengatakan kegiatan itu merupakan terobosan yang sangat bagus.

“Tarhim Ormas dapat menjadi sarana merekatkan silaturahmi antara ulama, umaro dan umat antar ormas,”kata Rohmadi.

Pada kesempatan yang sama Danramil 07/ Grb Kapten Inf Sunarno berpesan kepada seluruh warga NU, Muhammadiyah, LDII, dan MTA membantu Koramil dan Polsek dalam menciptakan keamanan dan kondusifitas lingkungan.

“Apalagi sekarang ini marak aksi terorisme yang terjadi di mana-mana. Untuk itu segera melapor apabila ada orang asing yang mengontrak rumah, tanyakan identitas dan laporkan kepada Koramil atau Polsek sekiranya ditemukan hal-hal yang mencurigakan,”tandasnya.

Tarhim putaran ketiga, Kamis (31/5) giliran PC LDII jadi tuan rumah. Tarhim digelar di Masjid Al Ikhsan. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *