Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan, OSIS SMPN 8 Gelar Expo Kuliner

PURWOREJO, Mengisi kegiatan jeda semester, OSIS SMP Negeri 8 Purworejo menggelar kegiatan Expo Kuliner, Sabtu (16/3). Creativity for my life menjadi label dalam kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut.

Kepala SMPN 8 Purworejo Drs Bambang Sukmonohadi, M.Pd menjelaskan, kegiatan yang digagas oleh pengurus OSIS itu menampilkan sejumlah karya siswa, baik bidang teknologi maupun kuliner.

Dijelaskan, kegiatan tersebut
bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi teknologi dan jiwa kewirausahaan siswa dalam rangka menyambut beroperasinya bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA).

“Tentu saja dengan kegiatan ini diharapkan pada saatnya nanti para peserta didik sudah siap menyambut NYIA dengan berbagai inovasi teknologi, kuliner dan lainnya,”kata Bambang Sukmonohadi, Sabtu (16/3).

Menurut Bambang, untuk melatih jiwa kewirausahaan dalam kegiatan tersebut para pengurus OSIS dilatih mandiri dan tidak ada bantuan dari pihak sekolah. “Ini untuk melatih agar nantinya para siswa bisa menjadi Even Organizer (EO) yang handal,”ujar Bambang.

Sementara Ketua OSIS SMPN 8 Purworejo, Dini Hidayati, siswi kelas 8 B didampingi Waka kesiswaan Drs Purbowo, mengungkapkan, ide penyelenggaran Expo Kuliner berawal dari adanya bandara NYIA di Kulon Progo.

“Akan ada banyak peluang dengan dibukanya NYIA pada tahun 2020 mendatang. Expo Kuliner ini untuk mengasah kemandirian dan jiwa kewirausahaan para siswa,”kata Dini.

Dipaparkan, dalam Expo Kuliner tersebut terdapat 12 stand perwakilan dari masing-masing kelas, hasil karya yang ditampilkan cukup bervariasi. Mulai dari kuliner, teknologi, hingga pemanfaatan limbah menjadi karya seni yang mempunyai nilai jual. (W5)

Tinggalkan Balasan