TMMD Reguler 2020 Sedayu Ditutup, Berhasil Bangun Jalan Cor Blok 1.665 Meter

PURWOREJO, Dandim 0708 Purworejo Inf Lukman Hakim, S.Sos, M.Si menyerahkan hasil TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Reguler ke-109 tahun 2020 kepada Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti, MA, Rabu (21/10). Penyerahan itu menandai ditutupnya TMMD di Desa Sedayu Kecamatan Loano.

Dalam acara yang digelar di pendopo kabupaten itu hadir Kepala Staf Komando Resor Militer (Kasrem) 072/Pamungkas Kolonel Inf Afianto, Forkopimda, pejabat terkait.

Lukman Hakim Selaku Dansatgas menjelaskan, Desa Sedayu dipilih menjadi tempat pelaksanaan TMMD karena memiliki banyak potensi. Di desa itu TNI membuka jalur grand prix yang menghubungkan Desa Sedayu dengan Kabupaten Kulon Progo. Sebelumnya akses ini hanya digunakan dari jalur grand prix Kulon Progo.

Selain itu, terdapat program kerja kegiatan fisik dan non fisik dari kegiatan TMMD kali ini. Kegiatan non fisik bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan mengelola hasil bumi di Desa Sedayu sekaligus meningkatkan kesadaran bela negara. 

Sasaran utama kegiatan fisik TMMD adalah cor blok sepanjang 1.665 meter. Kemudian, sasaran tambahannya adalah pembuatan pos ronda, tempat wudhu, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat guna mendukung terwujudnya ketahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta,” kata Lukman.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini sekaligus untuk memotivasi dan menumbuhkan semangat gotong royong agar masyarakat aktif berpartisipasi dan peduli dengan kegiatan pembangunan di desanya.

Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti, MA usai acara menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI  yang telah menyelesaikan program TMMD secara tepat waktu dengan hasil yang baik.

Yuni juga mengulang apa yang telah disampaikan oleh Dandim, bahwa fokus utama dari TMMD adalah ketahanan negara serta kemanunggalan ABRI dan rakyat. 

“Untuk selanjutnya, tugas pemerintah daerah adalah memanfaatkan dan memelihara apa yang sudah dihasilkan dari TMMD ke-109 tahun 2020,” ujar Yuni. (Nas)

Tinggalkan Balasan