Tinjau Lokasi Bencana di Bruno, Bupati: Kosongkan Rumah-rumah yang Rawan

BRUNO, Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM menginstruksikan agar bangunan yang rawan agar segera dikosongkan dan warga terdampak untuk sementara agar mengungsi di tempat lebih aman. Hal itu disampaikan Bupati saat mengunjungi tiga desa di Kecamatan Bruno yang terdampak bencana tanah bergerak, Sabtu (16/1).

“Saya sudah sampaikan ke Pak Kades agar rumah-rumah yang kosong dan jauh dari risiko bencana untuk dijadikan tempat pengungsian atau posko,” kata Bupati yang didampingi Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, SH.

Menurut Bupati, bencana tanah bergerak biasanya tidak terasa pergerakannya dan secara tiba tiba bisa langsung merobohkan bangunan. 

Wabup Yuli Hastuti tinjau lokasi bencana

“Saya harap seluruh warga bisa mengikuti himbauan dari BPBD dan petugas yang ada. Pokoknya keselamatan  masyarakat yang utama,”tandas Bupati.

Bencana tanah bergerak di Desa Tegalsari terjadi di Dukuh Sikacangan, RT 7 dan RT 8 RW 2. Retakan tanah semakin melebar di semua titik, mengakibatkan 15 bangunan rusak, terdiri atas 14 rumah tinggal dan 1 mushola. 

Akibat bencana itu sebanyak 42 jiwa diungsikan ke rumah-rumah penduduk sekitar yang dianggap aman.

Bupati di salah satu lokasi tanah bergerak

Sementara itu tanah bergerak juga terjadi di Dukuh Kalibang Rt 3 RW 5 dan Rt 5 RW5 Desa Kaliwungu, mengakibatkan 16 bangunan rusak, dan 10 jiwa diungsikan ke rumah saudaranya.

Di Desa Somoleter, bencana tanah bergerak terjadi di RT 1 dan RT 2 RW 3 Dukuh Somodadi dan menimpa 21 kepala keluarga.

Dalam kunjungan tersebut Bupati dan Wakil Bupati didampingi Plt Asisten Bidang Pemerintahan Sri Setyowati, SH, MM, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Boedi Hardjono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs Sutrisno, M.Si.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Suranto, S.Sos, MPA, Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi, MM, Kepala Dinperkimta Drs Heri Raharjo, M.Si, Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiadi, S.Sos, Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama, SSTP, MM dan Camat Bruno Netra Asmara Sakti. (Nas)

Tinggalkan Balasan