Tiap Malam Minggu Pentas Kesenian Daerah Gratis di Gedung Kesenian

PURWOREJO, Sebanyak 24 grup kesenian didaulat tampil untuk memeriahkan event Pentas Seni Dalam Daerah selama tahun 2018. Mereka bakal menghibur masyarakat secara bergantian dengan jadwal yang telah diagendakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo.

Gigih Marsudi, Kasi Seni, Sastra, dan Perfilman Dinparbud Kabupaten Purworejo, mengatakan, Pentas Seni Dalam Daerah merupakan salah satu terobosan untuk melestarikan kesenian daerah. Program yang telah digelar secara rutin sejak beberapa tahun terakhir tersebut juga menjadi media rekreasi bagi masyarakat sekaligus mendukung Romansa Purworejo 2020.

“Tahun 2018 ini kita memfasilitasi 24 grup atau kelompok kesenian dari berbagai desa di 16 Kecamatan. Sejak awal Februari sudah ada 3 grup yang tampil dan diagendakan pentas akan berlangsung sampai bulan Oktober,” katanya.

Disebutkan, event Pentas Seni Dalam Daerah dipusatkan di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo pada malam Minggu mulai pukul 19.30 WIB. Pentas dapat disaksikan mayarakat umum secara gratis.

“Jadwal dan tempat sudah kita agendakan di Gedung Kesenian, tapi tidak menutup kemungkinan dapat berubah. Seperti kemarin, salah satu grup kita fasilitasi tampil di Romansa Kuliner Purworejo untuk mengisi acara Pemkab,” sebutnya.

Dalam jadwal event yang disusun Dinparbud, tercatat sebanyak 13 grup tampil selama bulan Februari-April. Pada bulan Mei dan Juni jadwal kosong karena bertepatan dengan Ramadan. Selanjutnya pada bulan Juli-Oktober bakal tampil sebanyak 11 grup.

“Ada berbagai jenis kesenian, seperti dolalak, jaran kepang, kubro, orkes melayu, ketoprak, dan teater,” jelasnya.

Salah satu pentas terpantau di Gedung Kesenian Sarwo Edhie Wibowo pada Sabtu (18/2) malam. Pertunjukan yang disuguhkan Grup Dolalak Putri Kridha Utama Desa Seren, Kecamatan Gebang, berlangsung meriah.

“Sekarang jumlah penonton sudah mulai meningkat. Masyarakat sudah pada tahu ada pentas rutin setiap malam Minggu seperti ini,” ujar Mariyanto, salah satu penjaga Gedung Kesenian. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *