SPBU Pertama di Jalan Daendels Diresmikan, Bupati: Bisa Mengurai Kemacetan

PURWODADI, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM meresmikan SPBU Kentengrejo yang terletak di Jalan Daendeles, Kecamatan Purwodadi, Sabtu (21/7). Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh bupati didampingi Direktur PT Eka Karya Astajaya, Tugiman Eko Wijono selaku pemilik SPBU. Persmian juga ditandai dengan pengisian bahan bakar ke mobil dinas Bupati Purworejo.
Dalam kesempatan tersebut bupati mengapresiasi adanya SPBU di Jalan Daendeles mengingat sampai saat ini belum ada SPBU di jalur tersebut.
“SPBU Kentengrejo yang pertama di jalur selatan sehingga pemerintah daerah mengapresiasi sekali,”kata bupati.
Dikatakan, jalur selatan-selatan Purworejo atau yang dikenal dengan Jalan Daendels, terus mengalami perkembangan seiring dinamika wilayah. Jalur Daendels merupakan jalur alternatif yang memanjang di pesisir selatan pulau Jawa.
Jalur tersebut sangat membantu mengurai kemacetan di jalur utara maupun tengah, terutama pada saat ramai, seperti arus mudik hari raya, baik Lebaran, maupun Natal dan Tahun Baru.
Seiring dengan rencana pemerintah yang akan membangun bandara internasional New Yogyakarta International Airport di wilayah Kabupaten Kulonprogo, jalur Deandels terus diperbaiki dan diperlebar. Selain mulus dan lebar layaknya jalan tol, jalur ini juga belum sepadat jalur utara atau jalur tengah.
“Relevan dengan hal tersebut, maka infrastruktur maupun sarana prasarana di sepanjang jalur ini, harus terus dikembangkan dan dilengkapi sesuai kebutuhan. Termasuk keberadaan SPBU atau pom bensin, yang merupakan perangkat vital bagi kendaraan bermotor yang melintasi jalan raya, “kata bupati.

Sementara itu, Tugiman Eko Wijono menuturkan, pendirian SPBU Kentengrejo diilhami dari ide almarhum mantan Bupati Purworejo Kelik Sumrahadi yang pada saat itu menginginkan adanya SPBU di jalur selatan. Namun karena waktu itu situasi jalur selatan belum ramai maka belum bisa disanggupi.
“Karena sekarang sudah ramai maka kita bangun SPBU Kentengrejo ini, “kata Tugiman.
Diungkapkan, meski SPBU sudah beroperasi namun fasilitas pendukung seperti toilet, res area, dan tempat ibadah belum tersedia dan masih dalam proses pengerjaan tahap kedua.
“Mudah-mudahan SPBU ini bisa melayani masyarakat pesisir kidul dan masyarakat umum lainnya dengan baik dan tidak mengecewakan, “ungkap Tugiman.
Dijelaskan Tugiman, SPBU Kentengrejo merupakan SPBU keempat yang dibangun setelah tiga sebelumnya dibangun SPBU Trirejo, SPBU Sogan di Wates, SPBUN di Jatimalang.
Usai diresmikan, SPBU Kentengrejo membuka pengisian BBM gratis kepada undangan, termasuk mobil dinas bupati. (W5)

Tinggalkan Balasan