Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Satpol PP Terjun ke Pasar dan Rumah-rumah Warga

PURWOREJO, Berbagai upaya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilayah Kabupaten Purworejo. Selain dengan penyemprotan atau sterilisasi dengan menggunakan disinfektan, juga melalui sosialisasi secara langsung kepada masyarakat, seperti yang dilakukan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Kamis (25/3).

Dua unit mobil operasional Satpol PP dikerahkan dengan menyambangi area keramaian seperti pasar. Petugas menyasar wilayah Kecamatan Pituruh dan Kemiri, serta satu unit mobil lainnya menyasar wilayah Kecamatan Purwodadi, Ngombol, dan Banyuurip .

Sosialisasi dimulai di Pasar Baledono yang tampak lengang dari biasanya. Di sana telah disediakan tempat untuk cuci tangan berikut sabun yang dapat dipakai oleh pengunjung pasar.

Dengan berjalan kaki di sepanjang Pasar Baledono, petugas mensosialisasikan pentingnya cuci tangan memakai sabun dari air yang mengalir. Selain juga mengingatkan tentang perlunya menjaga jarak sosial dan etika ketika batuk agar terhindar dari virus berbahaya.

Berikutnya petugas bergerak menuju Pasar Krendetan, Kecamatan Bagelen dan melakukan hal serupa. Pun ketika berada di Pasar Purwodadi. Tak jarang petugas menjawab pertanyaan para pedagang pasar yang masih awan seputar penyebaran virus ini.

Petugas Satpol PP mendatangi warga di rumah

Satpol PP juga mengedukasi kepada ibu yang membawa putranya yang masih kecil ke pasar agar segera pulang dan melakukan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Selain menyasar pasar, petugas juga mendatangi tempat play station yang masih buka. Mereka mengedukasi pemilik usaha untuk
tidak menerima anak sekolah serta menerapkan protokol standar keamanan untuk mencegah penyebaran virus.

Kasatpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo menjelaskan, dalam beberapa hari ini pihaknya terus mengadakan sosialisasi dan penertiban kepada masyarakat terhadap bahaya virus covid 19, terutama di kalangan masyarakat bawah yang belum menyadari akibat yang ditimbulkan.

Sebelumnya yakni Selasa (23/3), petugas Satpol PP telah menyambangi Kecamatan Grabag dan Kutoarjo. Di waktu berikutnya mendatangi wilayah lain.

Budi Wibowo berharap kegiatan itu dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan dapat memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan itu. (Dia)

Tinggalkan Balasan