SMK YPT Gelar Pemilihan Ketua OSIS dan Dewan Ambalan dengan Terapkan Prokes

PURWOREJO, Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung tak menyurutkan minat SMK YPT untuk menggelar pemilihan ketua OSIS dan ketua Dewan Ambalan secara langsung. Dengan menerapkan prokes ketat, ajang Pilketosda atau
Pemilihan ketua OSIS dan Dewan Ambalan oeriode 2020-2021 digelar.

Pilketosda diadakan selama tiga hari yakni Senin hingga Rabu (9-11/11) di sekolah yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso itu. Waka Kesiswaan Eri Ponco Prasetyo, S.Pd.T, M.Pd kepada Purworejonews menjelaskan, Pilketosda digelar secara bergiliran.

“Hari pertama siswa kelas XII, hari kedua siswa kelas XI serta guru, dan di hari ini (Rabu) untuk siswa kelas X sekaligus perhitungan suara,” jelas Eri.

Eri menyebut, sistem yang diterapkan sama seperti halnya proses pemilu pada umumnya. Bedanya, hanya saat masuk ke ruang pemilihan, peserta dicek suhu tubuhnya dulu. Bila dinyatakan sehat, peserta menyerahkan surat undangan untuk selanjutnya mendapatkan dua surat suara dan menunggu giliran.

Ketua OSIS terpilih bersama Waka Kesiswaan

Berikutnya peserta masuk ke bilik suara. Lalu memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke dalam kotak suara. Tahap terakhir peserta yang sudah memilih mencelupkan tinta sebagai tanda telah menggunakan hak pilihnya.

Sama seperti proses pemilu, ada juga saksi dan seksi keamanan yang mengawal jalannya pemilu.
Proses pemilihan ini, kata Eri, juga melibatkan guru PPKn sebagai pendamping. Hal itu karena di dalam mapel PPKn ada topik bahasan tentang penerapan pemilihan umum. “Bila dilaksanakan, akan mendukung nilai akreditasi sekolah,” ucap Eri.

Menurut Eri, Pilketosda dilakukan untuk memilih ketua OSIS dan ketua Dewan Ambalan yang baru sebab keduanya sudah purna karena sudah kelas XII. Pilketosda juga dilakukan untuk melatih siswa, khususnya sebagai ajang pembelajaran proses pemilu yang sesungguhnya. Disamping juga melatih siswa untuk menggunakan hak suaranya dengan baik.

Pilketosda kali ini diikuti empat kandidat ketua OSIS dan tiga kandidat ketua dewan ambalan ; satu diantaranya putri. Sebelumnya, mereka telah melakukan sosialisasi program serta visi misi ke setiap kelas dan ruang guru secara bergilir. Proses itu dilakukan selama tiga hari yakni Kamis hingga Sabtu lalu.

Perhitungan suara

Meski ditujukan bagi kelas X dan XI, tapi semua kandidat berasal dari kelas XI yang semuanya sudah memiliki pengalaman berorganisasi di sekolah.

Setelah melalui perhitungan suara akhirnya Yoga Wicaksono, siswa kelas XI jurusan TKROK berhasil terpilih menjadi ketua OSIS periode 2020-2021. Ia mengungguli tiga kandidat lainnya dengan perolehan 178 suara dari total 595 suara.

Saat ditemui usai perhitungan suara, Yoga mengatakan bahwa dirinya tidak menyangka akan terpilih sebagai ketua OSIS karena menurutnya, saingannya berat. Sebelumnya Yoga aktif sebagai pengurus OSIS yakni sebagai komandan peleton.

Adapun Dewan Ambalan akan dipimpin oleh Setyo Adji Purnawan yang mengungguli dua kandidat lainnya. Eri menyebut, acara pelantikan rencana akan dilakukan pada bulan Januari setelah dilakukan LDK. (Dia)

Tinggalkan Balasan