Siswa SMP Negeri 3 Wakili Purworejo di Ajang KOSN Pencak Silat Provinsi Jateng

KUTOARJO, Dengan tubuh mungil untuk ukuran siswa SMP yakni 138 cm, siapa sangka kalau Rafli Hafizh Al Muzaki, siswa kelas 7B SMPN 3 Purworejo berhasil menjadi jawara pencak silat. Sulung dari dua bersaudara pasangan Suparno dan Ika Kusuma Wardhani itu menjadi Juara 1 Kompetisi Olah Raga Siswa Nasional (KOSN) kategori Pencak Silat Seni Tunggal Baku yang diadakan Dindikpora Kabupaten Purworejo tanggal 2 November lalu. 

Atas prestasinya itu Rafli yang lahir tanggal 15 Januari 2008 itu melaju ke tingkat provinsi Jawa Tengah. Dirinya mewakili Kabupaten Purworejo dengan poin 442 mengalahkan peserta lain dari puluhan SMP di Purworejo. 

Adapun lomba tingkat provinsi yang diadakan secara virtual telah dilakukan tanggal 5 November di Aula SMAN 2 Purworejo dengan durasi tiga menit. 

“Saat lomba secara virtual kami support dengan mendatangkan teman-temannya sebagai supporter,” kata guru pendampingnya, Hanif Febriansyah Putra, S.Pd.

Rafli diapit kepala sekolah dan guru pendamping

Selain Hanif, saat wawancara Rafli juga didampingi ayah dan Kepala SMPN 3  Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd, M.Pd. Kepada Purworejonews Rafli bertutur,  dirinya telah menekuni bela diri pencak silat sejak kelas 3 SD atau empat tahun lalu. Rafli bergabung bersama PS Persina Assad sampai sekarang.

Sejak itu Rafli sering mengikuti berbagai lomba hingga tingkat provinsi. Walaupun bertubuh mungil, menurut guru pendampingnya, Rafli memiliki power dan speed yang bagus. Itulah yang membuat dirinya unggul dibanding peserta lain yang memiliki postur tubuh lebih tinggi darinya.

Di balik semuanya itu, Rafli yang pendiam itu ternyata bercita-cita menjadi seorang chef (ahli masak) Itu karena ia melihat ibu dan neneknya yang senang memasak. Masakan favoritnya adalah seblak. 

“Saya ingin nantinya bisa membelikan rumah untuk ibu bapak,” ujarnya bersungguh-sungguh.
Terlepas dari itu semua, Rafli kini tengah menunggu hasil lomba yang akan diumumkan beberapa waktu kemudian. 

Rafli saat memperagakan Seni Tunggal Baku

Kepala SMPN 3 Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd, M.Pd mengungkapkan kebahagiaan serta kebanggaannya.

“Saya secara pribadi merasa bangga atas prestasi yang diraih salah satu siswa SMPN 3 Purworejo. Belum genap satu semester berjalan tapi sudah  berprestasi dan membawa nama baik SMPN 3,”  ungkap Tarmiyah sumringah.

Ia berharap agar Rafli bisa berhasil menjadi juara di tingkat provinsi. “Tentu akan kami apresiasi dengan penghargaan yang sesuai dengan perastasinya,” ucap Tarmiyah. 

Tarmiyah mengatakan, sekolah selalu mendorong dan memfasilitasi siswa untuk berprestasi di semua cabang olahraga dan seni. Mereka diwadahi melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mengikutsertakan siswa pada even-even kejuaraan. (Dia)

Tinggalkan Balasan