Siswa SMAN 1 Sabet Medali Perak Kompetisi Sains Nasional Bidang Kebumian

PURWOREJO, Pandemi yang masih terus berlanjut tak mampu menggerus semangat siswa SMAN 1 Purworejo untuk terus menorehkan prestasi. Meski tahun ajaran baru berlangsung dua bulan, namun prestasi membanggakan sudah ditorehkan beberapa siswa.

Salah satunya yakni Fadhlan Rubiyanto (17), siswa kelas XII MIPA 1 yang berhasil meraih medali perak pada ajang bergengsi Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Kebumian. Pengumuman pemenang disampaikan melalui kanal YouTube pada Sabtu malam lalu.

KSN atau yang sebelumnya kondang disebut Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan lomba yang mencakup bidang fisika, kimia, matematika, serta kebumian.

Kepada Purworejonews yang menemuinya di ruang kepala SMAN 1 Purworejo, Rabu (21/10), Fadhlan yang didampingi Kepala SMAN 1 Purworejo Nur Aziz, M.Pd dan ibunya Hastani Kurniasih berkisah asal mula dirinya mengikuti lomba. Disebutkan, lomba diawali di tingkat kabupaten bulan Februari lalu. Waktu itu SMAN 1 Purworejo mengirim 27 siswa, termasuk Fadhlan.

Berhasil lolos ke tingkat provinsi bersama 17 siswa lain dari SMAN 1 Purworejo, akhirnya hanya Fadhlan yang mewakili SMAN 1 ke tingkat nasional. “Materi yang dilombakan untuk KSN bidang kebumian antara lain geologi, meteorologi, dan oceanografi,” ujarnya.

Di tingkat nasional, kata Fadhlan, ada 90 peserta yang kemudian disaring menjadi 50 peserta. Hingga akhirnya diambil 30 orang untuk memperebutkan 5 medali emas, 10 medali perak, dan 15 medali perunggu.

Fadhlan dan ibundanya

Menurut sulung dari dua bersaudara itu, materi lomba dalam KSN berupa teori, praktek, dan wawancara yang dilakukan secara daring.

“Saat sesi wawancara ada dua juri. Yang paling sulit adalah saat sesi praktikum karena dilakukan secara live dan tidak boleh diedit dengan durasi maksimal tujuh menit. Semua dilakukan di rumah,” ucapnya.

Fadhlan mengaku justru sempat pesimis sebelum dirinya mengikuti lomba. Tapi begitu mengikuti lomba dirinya mengaku optimis. Buah dari kemenangannya itu, selain mendapatkan piagam dan medali perak, Fadlan yang tinggal di Tambakrejo RT 3/11 itu juga mendapatkan uang pembinaan. “Medali baru akan dikirim Selasa mendatang” katanya.

Pasca kejuaraan ini, menurut Fadhlan, dirinya akan diikutkan dalam pelatnas untuk berkompetisi di tingkat internasional. Untuk meneruskan minat bakatnya, selepas SMA Fadhlan berminat masuk ke ITB jurusan teknik mesin atau industri.

Terkait dengan hasil gemilang yang diperoleh, Kepala SMAN 1 Purworejo Nur Azis merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang kembali diberikan kepada siswa SMAN 1.

Hal yang membanggakan adalah, dari cabang dinas 8 yang meliputi empat wilayah yakni Purworejo, Kota dan Kabupaten Magelang, serta Temanggung hanya Purworejo yang mewakilkan untuk KSN. Untuk itu pihaknya akan memberikan reward berupa piagam dan uang pembinaan sebagai wujud apresiasi serta untuk memotivasi siswa lain lebih berprestasi.

Selain Fadhlan Rubiyanto, siswa SMAN 1 Purworejo lainnya yang juga berprestasi belum lama ini yakni Maharani Wijayanti, siswa kelas XIIMIPA 1 yang menjadi
Juara 3 Lomba Esai Nasional. (Dia)

Tinggalkan Balasan