Semarakkan Peringatan Maulid Nabi, 48 Siswa SD Al Madina Ikuti Khotmil Quran

PURWOREJO, Suasana haru tampak dari wajah para orang tua siswa kelas 4 SD Al Madina, saat putra putri mereka yang baru menyelesaikan hafalan surat-surat pendek, sungkem dan bersimpuh memohon doa restu.
Banyak orang tua siswa yang meneteskan air mata haru saat putra putri mereka sungkem. Tak sedikit pula siswa yang terisak.

Ya, hari ini Sabtu (14/11) sebanyak 48 siswa kelas 4 SD Al Madina mengikuti Khotmil Quran angkatan VI di halaman sekolah yang berlokasi di belakang Kompleks KBN Pangenjurutengah. Ke-48 siswa itu terdiri atas 23 putra dan 25 putri.

Sebelum mohon doa restu kepada kedua orang tua, mereka lebih dulu menampilkan hafalan surat-surat pendek. Mereka telah hafal juz 30, sebuah program yang diwajibkan bagi siswa kelas 4 di SD Madina.

Siswa sungkem usai membaca surat-surat pendek

Selain Khotmil Quran, acara juga dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Iringan rebana berisi lagu-lagu kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW pun dilantunkan. Orang tua siswa juga mendapatkan siraman rohani dari
Kiai Soleh Charis dari Loano.

Eko Hariyadi, salah satu orang tua siswa yang anaknya ikut dalam acara berkomentar. Menurut bapak dari Akmal Khairurizal itu, khotmil Quran sangat mendukung pendidikan mental keagamaan putranya.

Eko berharap putranya tidak hanya jadi pengahafal Alquran tapi juga pengamal Alquran. “Saya yakin jika sudah agama tertanam dihati maka seseorang akan menjadi manusia terbaik.”

Drs Fathurahman, MM

Kepala SD Al Madina Drs Fatkurahman, MM menyatakan rasa syukur, kegiatan khotmil Quran dapat berlangsung lancar meski masih dibayangi pandemi Covid-19. “Bila kondisi memungkinkan kami akan mengadakan Tahfid Quran pada kesempatan selanjutnya,” ucapnya.

Menurutnya, SD Al Madina memiliki keunggulan dalam hal pendidikan karakter yang sempat tersendat akibat Covid-19. Namun demikian kegiatan tatap muka secara bergilir atau konsultasi terprogram berjalan lancar.

Menyikapi pandemi yang masih terus berlanjut, Koordinator pendiri SD Al Madina H Muslikhin Madiani, M.Si mengajak hadirin untuk banyak berdoa agar pandemi segera berakhir. Terkait peningkatan sarana dan prasarana, Muslikhin mentargetkan tahun 2025 SD Al Madina sudah punya gedung yang representatif. (Dia)

Tinggalkan Balasan