Sekda Buka Popda 2019, Devile Kutoarjo Terbaik

PURWOREJO, Ajang pertarungan olahraga yang dikemas dalam Pekan Olarahraga Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten Purworejo mulai digelar Jumat (8/2). Popda diawali upacara pembukaan yang menampilkan devile dari 16 Pelayanan Pendidikan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Purworejo, di GOR WR Supratman.

Penampilan Devile terbaik mendapatkan trofi yakni Juara I diraih PPK Kutoarjo, juara II PPK Banyuurip, dan juara III diraih PPK Kaligesing. Trofi diserahkan Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto, SH, MM.

Sekda Drs Said Romadhon mengatakan, Popda merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional, dimana dari ajang tersebut sering muncul atlet-atlet berbakat dan berprestasi. Oleh karena itu, Popda hendaknya tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan semata, namun harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten.

“Melalui Popda diharapkan akan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, agar dapat berprestasi,”katanya.

Sekda mengatakan, sebagai bagian dari olahraga pendidikan, Popda merupakan wahana memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, serta kesehatan dan kebugaran. Sekaligus juga dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga.

“Satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan, diharapkan mampu memantau, menggali, dan membina potensi pelajar. Paradigma keolahragaan yang harus dibangun yakni bagaimana atlet-atlet pelajar kita mampu berprestasi di tingkat regional bahkan nasional,”tegasnya.

Sementara itu Sukmo Widi Harwanto melaporkan, Popda tingkat kabupaten dilaksanakan selama dua pekan lebih, hingga Senin 25 Pebruari mendatang. Dengan peserta dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kabupaten Purworejo. Masing-masing peserta akan mengikuti perlombaan dengan 15 cabang pertandingan olahraga.

“Antara lain atletik, bola basket, bolavolly, sepak bola, sepak takraw, panahan, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, senam, renang, karate, tae kwon do, pencak silat, dan bola pasir,”ujarnya. (*)

One comment

  1. Tolong berita tentang popda sepak bola yg di di tunda di liput…agar warga purworejo pecinta sepak bola tau…padahal sudah agenda taunan…dan masalah yang sama terus terulang……

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *