Sebelum PKL, 96 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Digembleng di STIKES Surya Global

PURWOREJO, Sebanyak 96 siswa kelas XI SMK Kesehatan Purworejo mengikuti pembekalan di STIKES Surya Global Yogyakarta. Pembekalan berlangsung selama dua hari Rabu-Kamis (14-15 Februari 2018).

Pembekalan dilakukan sebelum para siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada minggu ke dua bulan Maret 2018 di sejumlah tempat seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Farmasi dan Apotek yang berada di wilayah Kabupaten Purworejo.

“Kita sengaja dalam pembekalan dilakukan di STIKES Yogyakarta sebagai pembeda antara SMK Kesehatan Purworejo dengan lainnya. Karena kita serius dalam mempersiapkan para siswa yang akan terjun PKL, “kata Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos, Senin (19/2).

Menurutnya, selain untuk menjaga kualitas, STIKES Surya Global juga merupakan gudang sumber daya manusia. Disamping itu juga untuk mengenalkan para siswa ke dunia pendidikan Perguruan Tinggi.

“Sehingga nantinya setelah lulus para siswa mempunyai wacana untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, “katanya.

Disebutkan, materi pembekalan meliputi kepemmpinan, front office, manajemen rumah sakit dan apotek yang baik di era globalisasi.

“Sebelumnya sudah berjalan baik dan kita percaya STIKES Surya Global sudah menyiapkan dengan baik karena mereka punya jurusan Keperawatan, D3 Farmasi dan manajemen rumah sakit. Sehingga tidak salah jika siswa kami godhok di Kawah Condrodimuko STIKES Surya Global, “tutur Nuryadin.

Lanjut Nuryadin, setelah pembekalan dari STIKES Surya Global Yogyakarta nantinya para siswa juga akan diberi pembekalan di tingkat sekolah selama dua hari.

“Selanjutnya mereka juga masih harus mengikuti tes kelulusan dan terakhir pada tanggal 3 Maret 2018 pengambilan sumpah profesi Keperawatan dan Farmasi oleh Asnakes dan renacananya akan dihadiri dari Kemenkes,”ucapnya.

Dijelaskan, selain sebagai kurikulum wajib bagi siswa kelas XI, PKL juga bertujuan agar siswa bisa mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapat di sekolah ke lapangan dan dunia industri yang sebenarnya. Serta untuk mencari pengalaman kerja.

“Dengan PKL siswa bisa mengaplikasikan teori yang didapat dan paham akan lapangan kerja yang sesungguhnya itu seperti apa, “jelasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *