SDKUB Purworejo Gelar Leadership Event, Eksplorasi Bakat dan Minat Siswa

PURWOREJO, Sebagai tindak lanjut dari pemetaan potensi yang dimiliki masing-masing siswa, SD Kepemimpinan Umat dan Bangsa (SDKUB) Muhammadiyah Purworejo mengadakan Leadership Event#1, Kamis (29/10). Acara digelar di kompleks SD KUB di Jalan Brigjen Katamso Purworejo.

Selain dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo Drs H Pujiono, ketua Dikdasmen Muhammadiyah Purworejo, dan ketua PCA Muhammadiyah Kecamatan Purworejo, juga dihadiri oleh wali murid kelas 1 dan 2 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala SDKUB Eko Nurrahmad, S.Pd mengatakan, sebanyak 25 siswa yang tampil dalam ajang ekplorasi minat bakat siswa itu. “Mereka berasal dari kelas 1 sebanyak 12 siswa dan 13 siswa kelas 2,” katanya.

Beragam jenis pertunjukan yang ditampilkan, ada drama dalam Bahasa Inggris, menyanyi, menari, baca puisi, juga bercerita.

Tujuannya, lanjut Eko, adalah untuk mengasah mental siswa saat harus berhadapan dengan banyak orang karena mereka adalah calon pemimpin yang akan menghadapi orang banyak.

Salah satu atraksi siswa di panggung Leadership Event#1

“Ada yang unik dari siswa kelas 2 bernama Ikhsan. Dia selama ini sangat menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan. Selain itu Ikhsan sangat kritis dan detil dalam menyampaikan sesuatu. Jadilah ia bercerita tentang dunianya itu,” ucap Eko.

Pembina SD KUB Muhammadiyah Nuryadin, M.Pd menyebutkan, “kegiatan Leadership event ini merupakan bentuk pengembangan potensi siswa. Evennya dibarengkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw hari ini dan juga hari Sumpah Pemuda.”

Nuryadin menambahkan, pada acara tersebut juga dilaunching Mars SD KUB Muhammadiyah dan juga pembukaan Edupark sebagai wahana edukasi siswa.

Dijelaskan, dalam wahana belajar anak seluas 5.000 meter2 itu terdapat zona ternak, zona berkebun, dan zona bermain. Selain itu juga terdapat lahan untuk latihan berkuda dan memanah.

“Ke depan kami akan membangun kolam renang di area yang sudah tersedia agar komplet sesuai dengan anjuran Rasulullah untuk mengajarkan berkuda, memanah dan berenang pada anak,” ucapnya sambil menunjuk lokasi yang bakal dijadikan kolam renang mini.

Ketua PDM Purworejo Drs Pujiono mengapresiasi segala upaya yang telah dilakukan SD KUB.

Arena Edupark

“Sekolah ini diharapkan dapat menghasilkan kader bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat melalui pola pendidikan. SD KUB memiliki pola pendidikan yang berbeda dengan SD lainnya sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam menghasilkan pemimpin yang bertanggungjawab,” ucapnya.

“Saya berharap semua stakeholder memberikan dukungan agar sekolah ini dapat mewujudkan cita-citanya menghasilkan kader yang benar-benar unggul.”

Dalam pengembangan pendidikan SD KUB Muhammadiyah Purworejo menjalin kerjasama dengan SD Muhammadiyah Kutoarjo. Hal itu dituangkan dalam bentuk MoU yang ditandatangani kedua pihak.

Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo Suprayitno, S.Pd.I menyebut SD KUB sebagai sekolah yang luar biasa karena bisa berkembang dengan pesat dan lahan yang sangat luas untuk dikembangkan.

Ia juga menyebut bahwa SD KUB Purworejo bukanlah pesaing bagi SD Muhammadiyah Kutoarjo. Suprayitno bahkan mendorong orang tua siswa turut mempromosikan SD KUB Muhammadiyah Purworejo. (Dia)

Tinggalkan Balasan