Sambut Tahun Baru Imlek, Umat Khonghuchu Purworejo Gelar Ritual

PURWOREJO, Menyambut tahun baru Imlek, puluhan umat Khonghucu Purworejo melalukan upacara Chuxi atau malam pergantian tahun baru. Mereka melakukan ritual ibadah tersebut di Kelenteng Thong Hwe Khiong, Kelurahan Baledono, Kecamatan Purworejo, pada Kamis malam (11/2).

Tepat pukul 22.00, sekitar 20 jemaat mengikuti upacara ritual dipimpin pendeta Giok Lian. Sekitar 10 menit para jemaat melakukan ritual sembahyang menyembah Thian (Tuhan) serta melantunkan pujian dan doa di teras kelenteng.

Isinya, berupa permohonan agar memasuki tahun baru dapat diberi kehidupan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pendeta Giok Lian memimpin ritual pergantian tahun

Berikutnya, mereka menuju altar yang berada di dalam kelenteng untuk melakukan ritual kepada Dewa Bumi atau Kong Cho Hok Tek Cing Sin.

Hal itu sebagai bentuk syukur atas rejeki yang telah diberikan. Dengan membakar dupa, mereka kembali melantunkan pujian dalam Bahasa Hokian.

Sekitar 15 menit mereka melakukan ritual tersebut. Selanjutnya, para jemaat makan bersama sambil bercengkrama menunggu hingga pukul 00.00, yakni saat mereka saling bersalaman memberi ucapan selamat tahun baru Imlek serta saling bermaafan antar jemaat.

Sembahyang di altar untuk memuja Kong Cho Hok Tek Cing Sin (Dewa Bumi)

A Kim (64), pengurus kelenteng yang terletak di Jalan Singodranan, belakang Pasar Baledono itu menuturkan, tahun ini yakni memasuki tahun 2572 dengan shio kerbau emas.

Di halaman kelenteng berusia 133 tahun itu, A Kim menuturkan, Imlek tahun ini dirayakan secara sederhana mengingat pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

“Biasanya jemaat akan membagikan angpao pada hari ketiga di klenteng. Tapi nanti tidak akan diadakan karena kuatir akan menimbulkan kerumunan. Jadi pembagian angpao hanya dilakukan di rumah masing-masing saja,” tutur A Kim. (Dia)

Tinggalkan Balasan