Safari Sergap ke Purwodadi, Kodim Serap 5 Ton Gabah Petani

PURWODADI, Kementrian Pertanian RI Bidang Ketahanan Pangan Ir Agung Hendriadi melakukan Safari Serap Gabah Petani (sergap) ke Desa Pundensari, Kecamatan Purwodadi, Jumat (2/3). Kegiatan safari itu untuk mendukung penyerapan gabah petani oleh Bulog.

Dalam kesempatan itu Kodim 0708 Purworejo berhasil membeli 5 ton gabah kering panen (GKP) dengan harga Rp 4.300/kilogram dari Kelompok Tani Sri Mulyo Desa Pundensari, Kecamatan Purwodadi.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kadistan Provinsi Jawa Tengah Ir.Sadi, Kepala Bulog Divre Kedu Emilia, Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Aswin Kartawijaya, Kepala Bulog Kabupaten Purworejo Diki Yusfarino, Sekdin Tanaman Pangan dan Kelautan Kabupaten Purworejo Sukusnanto SP, dan Danranil sejajaran Kodim 0708 Purworejo.

Dalam kesempatan itu Agung Hendriadi menyaksikan kesepakatan pembelian gabah petani oleh Kodim 0708 Purworejo, Bulog, dan BRI.

“Upaya serap gabah petani ini dilakukan untuk mengendalikan harga yang nantinya para petani tidak dipermainkan,” kata Agung di sela-sela menyaksikan kesepakatan harga.

Disebutkan, penyerapan gabah tahun ini sangat rendah akibat panen padi di berbagai daerah tidak serentak. Bulan Februari sampai April harga rata-rata perkilogram Rp 4.200 sampai Rp 4.500.

Dengan target pemerintah yang sangat tinggi tersebut Kementrian Pertanian kemudian membentuk tim untuk turun ke lapangan dengan harapan program serap gabah petani akan terlaksana dengan baik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Dandim, Bulog dan BRI yang telah berkerja keras di lapangan semoga program swasembada pangan nasional bisa tercapai.”kata Agung. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *