Resmikan RS Amanah Umat, Bupati: Sekarang Sudah Sembuh dan Tak Sakit Lagi

PURWOREJO, Setelah 17 bulan vakum, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Purworejo yang kini berganti nama jadi Rumah Sakit Amanah Umat kembali beroperasi. Pembukaan dan peresmian RS Amanah Umat Purworejo yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso No 144 A Pangenrejo Purworejo dilakukan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, Rabu. (21/2).

Usai meresmikan, Bupati Purworejo Agus Bastian memberikan apresisai dengan beroperasi kembali RS Amanah Umat.

“Setelah sekian lama dibelit persoalan yang berlarut-larut, kini rumah sakit ini sudah sembuh, tidak sakit lagi dan kembali bisa beroperasi, “kata bupati.

Direktur RS Amanah Umat Purworejo dr R Inten Sylvia Dewi mengatakan, sejak dilakukan soft launching hingga grand launching RS Amanah Umat Purworejo sudah melayani banyak pasien rawat inap dan rawat jalan di Instalasi Gawat Darurat, Poli Anak, Poli Bedah, Poli Bedah Tulang, Poli Gigi, Poli Dalam, Poli THT, Poli Umum, Instalasi Radiologi, Instalasi Laboraturium Klinik, dan Instalasi Rehabilitasi Medis (Fisioterapi).

“Juga sudah banyak dilakukan tindakan operasi bedah umum dan operasi bedah tulang, “katanya.

Disebutkan, RS Amanah Umat merupakan rumah sakit tipe D yang telah memiliki dokter spesialis 4 dasar, yakni spesialis bedah, spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis obstetri ginekologi.

Disamping itu juga sudah memiliki dokter spesialis penyakit syaraf, THT, orthopedi, rehabilitasi medis, dan spesialis penyakit paru.

“Beberapa dokter spesialis ada yang praktek poliklinik pagi hari. Untuk spesialis rehabilitasi medis sudah didukung dengan peralatan yang memadai seperti instalasi radiologi dengan CT Scan dan USG, “ucapnya.

Dijelaskan dr R Inten Sylvia Dewi, RS Amanah Umat juga sudah didukung sarana prasarana seperti ruang rawat inap, ICU, peralatan pendukung seperti ventilator, kelas III, kelas II, kelas I, kelas utama dan kelas VIP.

“Untuk memudahkan pelayanan terhadap pasien, kami juga sudah menjalin kerjasama dengan PT Jasa Raharja, PLKK, BPJS Ketenagakerjaan, dan ansuransi – ansuransi lain, “jelasnya.

Menurut Inten Sylvia Dewi, beroperasinya kembali rumah sakit setelah sekian lama vakum tidak lepas dari perjuangan seluruh jajaran keluarga eks RS PKU Muhammadiyah Purworejo.

“Ini adalah buah perjuangan kami yang tidak mengenal lelah agar rumah sakit ini bisa kembali beroperasi, “katanya.

Diungkapkan, setelah keluar dari konflik internal yang cukup panjang, kini RS Amanah Umat dikelola dibawah PT Amanah Kesehatan Umum (AKU).

“Kami mohon doa restunya agar bisa berkiprah membantu pelayanan kesehatan khususnya di Kabupaten Purworejo dan dapat turut serta mewujudkan program-program pemerintah di bidang kesehatan,”pungkasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *