Puluhan PKL di Kawasan Alun-alun Purworejo Ditertibkan, 10 Gerobak Diangkut Satpol PP

PURWOREJO, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo menertibkan paksa pedagang kaki kima (PKL) yang berada di trotoar jalan kawasan Alun alun Purworejo, Sabtu (6/4) malam.

Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo Budi Wibowo, S.Sos, MM, melalui Endang Muryani SE, Kasi Lidik dan Penyidikan, menjelaskan, penertiban dilakukan karena mereka mengganggu estetika kota dan kawasan seputaran Alun alun Purworejo yang merupakan kawasan tertib. Selain itu Kabupaten Purworejo baru saja meraih juara ke 2 kawasan tertib Se Jawa Tengah.

“Penertiban terpaksa kita lakukan karena menyalahi aturan,”ujar Endang Muryani, SE.

Lanjut Endang, jawasan Alun alun merupakan tempat yang menjadi titik konsentrasi penertiban PKL, pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT), pekerja sex komersial (PSK) dan anak jalanan. Untuk itu selama sebulan patroli di depan masjid dan sekitarnya untuk melarang adanya PKL.

Diungkapkan, pihaknya sudah melakukan pendekatan persuasif dengan para PKL di lokasi tersebut. Baik melalui peringatan lisan maupun tertulis. Selain itu setiap hari pihaknya juga memantau dari jarak jauh.

“Karena diperingatkan tetap nekat, Sabtu malam sekitar pukul 21.30 PKL yang tetap membandel dan nekat berjualan di kawasan Alun-alun terpaksa kami tindak tegas,”tandas Endang.

Untuk memberi efek jera kepada para PKL, dalam operasi ketertiban itu, Satpol PP berhasil menyita 10 gerobak dan beberapa alat usaha. (W5)

Tinggalkan Balasan