PT KAI Daop 6 Gelar Pengobatan Gratis dan Perpustakaan di Gerbong

PURWODADI, PT KAI Daop 6 Yogyakarta menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis terhadap ratusan warga di sekitar Stasiun Jenar Kecamatan Purwodadi, Selasa (10/7). Sebanyak empat gerbong disiapkan PT KAI untuk kegiatan bakti sosial tersebut. Dua untuk pemeriksaan kesehatan warga dan dua untuk perpustakaan bagi pelajar.
Kepala Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto, didampingi Manajer Kesehatan dr Wellyansah menerangkan, pengobatan gratis merupakan program Rail Clinic yang bersifat rutin tahunan. Pelayanan kesehatan di Stasiun Jenar dilayani dengan Rail Clinic generasi ke-4.
Adapun layanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic meliputi layanan kesehatan tingkat pertama seperti pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta layanan kefarmasian.
Sementara di dalam Rail Library terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai dewasa. Selain itu juga tersedia fasilitas e-library yang dilengkapi enam monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif serta lagu anak-anak.

Disebutkan, pembuatan Rail Clinic dilatar belakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan darat lainnya.
Untuk mendapat layanan kesehatan di Rail Clinic masyarakat hanya diminta menunjukkan kartu undangan yang sebelumnya sudah diberikan terlebih dulu. Pada kegiatan ini PT KAI Daop 6 bekerjasama dengan Kelurahan Bragolan dan Jenar Wetan.
“Sedikitnya ada 300 undangan yang diberikan kepada warga, “kata Eko Purwanto disela-sela meninjau pelaksanaan pengobatan gratis.
Dikatakan, dalam kesempatan itu juga dilakukan pembagian 38 kacamata gratis kepada siswa SD Bragolan dan Jenar Wetan.
“Untuk tenaga kesehatan kita menyediakan tim kesehatan dari internal pegawai PT KAI, “katanya.
Eko Purwanto berharap, dengan adanya pengobatan gratis melalui Rail Clinic tersebut kesehatan warga menjadi lebih baik lagi.
“Saya juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI, “tandasnya. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *