Pramuka Purworejo Berkomitmen “Bebas Sampah Plastik”

PURWOREJO, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo Drs Said Romadhon mewakili Kamabicab bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HUT Pramuka ke 58 yang dipusatkan di Alun-alun eks Kawedanan Purwodadi, Rabu pagi (14/8). Upacara berlangsung khidmat, diikuti ratusan anggota pramuka dari tingkat siaga, penggalang, hingga penegak dan pengurus Kwarcab serta Kwaran.
Sekda menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pengurus Pramuka yang telah mengabdikan dirinya untuk kegiatan dan kemajuan kepramukaan di Kabupaten Purworejo.
Sekda yang membacakan amanat Ketua Kwarnas mengatakan, tema Hari Pramuka tahun ini yaitu Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Tema ini hadir di tengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia.

Untuk itu, dalam rangka Hari Pramuka agar diperhatikan terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba yang merupakan tiga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini.
“Oleh karena itu pada kesempatan ini, saya mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina, serta semua anggota Pramuka senantiasa menjadi pionir dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extraordinary crimes),” ujarnya.

Disamping itu, adanya kerusakan dan pencemaran lingkungan merupakan kelalaian kita semua akan pentingnya memikirkan warisan yang akan diberikan kepada generasi penerus pada masa mendatang.

Oleh karena itu, pada tataran soft skill, Kwartir Nasional mengembangkan suatu sikap hidup dan standar berperilaku baru, yang diharapkan dapat mernbudaya, mengakar dan terinternalisasi secara mendalam dalam lubuk hati setiap anggota Gerakan Prarnuka.

“Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka, baik warna, desain, atribut dan tata cara penggunaannya, menunjukkan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti penting persatuan dan kesatuan,”tandasnya.
Sementara itu Plt Ketua Kwarcab Purworejo Sukmo Widi Harwanto dalam laporannya mengatakan, gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo berkomitmen untuk ikut berperan aktif secara nyata dalam pengurangan sampah plastik di rumah, sekolah, gugus depan, lingkungan tempat tinggal, dan di mana saja anggota Pramuka berada.

Dengan melakukan kegiatan nyata yaitu mendeklarasikan Pramuka Bebas Sampah Plastik antara lain menghindari makanan yang dibungkus plastik, saat belanja tidak menggunakan kantong plastik, tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak meninggalkan sampah di tempat kegiatan. (A)

Tinggalkan Balasan