Positif Covid-19 Tambah Satu, Satpol PP Gencar Gelar Razia Masker di Pasar-pasar

PURWOREJO, Setelah beberapa hari penambahan pasien positif covid-19 mencapai dua digit, hari ini Sabtu (17/10) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo merilis tambahan satu orang terkonfirmasi. Pasien itu berinisial A (perempuan) warga Kelurahan Paduroso, Kecamatan Purworejo.

Mengutip laporan Jubir Satgas Penanganan Covid-19, dr Tolkha Amaruddin, Sp.THT.KL, Kabag Humas dan Protokol Setda Purworejo, Rita Purnama, SSTP, MM menjelaskan, hingga hari ini jumlah total pasien positif covid-19 mencapai 750 orang.

“Alhamdulillah, jumlah orang sembuh mencapai 593 orang dan yang masih dirawat tinggal 5 orang. Lainnya,126 orang menjalani isolasi mandiri dan meninggal dunia 26 orang,” jelas Rita.
Rita juga mengungkapkan, sampai saat ini total swab sebanyak 5.336 dan yang dinyatakan negatif 4.334 orang. Sedang yang menunggu hasil swab sebanyak 276 orang.

Sementara itu kegiatan razia pemakaian masker masih terus digencarkan oleh Satpol PP di pasar-pasar. Terakhir razia masker dilakukan di Pasar Seren, Kecamatan Gebang, Jumat (16/10). Hasilnya, enam orang terjaring tidak memakai masker atau menggunakan masker secara tidak benar.

Rita Purnama, Kabag Humas dan Protokol Setda

“Razia kami lakukan pukul 07.30 sampai selesai, sasarannya penjual dan pembeli yang tidak menggunakan masker atau menggunakan masker tapi tidak benar,” jelas Kepala Satpol PP Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo, S.Sos, Sabtu (17/10) petang.

Dijelaskan, dalam minggu ini kegiatan yang bertajuk Operasi Gabungan Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan itu juga digelar di sejumlah pasar di Kecamatan Purwodadi, Bagelen, dan Pituruh.

“Di Pasar Jenar dan Pasar Krendetan, kesadaran masyarakatnya kami nilai sudah cukup tinggi. Penjual dan pembeli pada umumnya sudah memakai masker. Tapi di Pasar Pituruh memprihatinkan,” jelas Budi Wibowo.

Dalam razia tersebut Tim Gabungan Satpol PP, TNI dan Polri tidak menerapkan sanksi denda, melainkan sanksi sosial/fisik berupa menyapu  pasar dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Nas)

Tinggalkan Balasan