PO Putra Mulya Hangus Terbakar di Ring Road Selatan Purworejo

BANYUURIP,  Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) PO Putra Mulya ludes terbakar di Jalan Soekarno Hatta atau Ring Road Selatan Purworejo, tepatnya di depan SDN 1 Borokulon, Kamis (8/10) dini hari pukul 03.45. Seluruh bodi bus hingga mesin hangus terbakar sehingga tidak bisa dikenali lagi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tiga orang penumpang dan dua kru bus dilaporkan selamat.

Tapi pada jarak sekitar 300 meter dari lokasi bus terbakar, ditemukan seorang laki-laki yang tergeletak di bahu jalan sebelah Utara. Belakangan orang tersebut bernama Tono Subagio (22) warga Desa Purwodadi RT 01/02, Kecamatan Purwodadi.

Pengemudi Putra Mulya, Supri, menjelaskan, bus melaju dari arah Jakarta menuju ke Klaten. Di sekitar lokasi dia melihat sepeda motor terjatuh saat akan menghindari truk yang datang dari arah berlawanan.

Mujino, saksi mata

Lalu sepeda motor terseret sejauh 300 meter dan menimbulkan percikan api di bagian AC. Supri langsung berusaha memadamkan api, tapi gagal. Akhirnya api menjalar ke seluruh bodi bus.

Seorang saksi mata Mujino (60) di TKP menuturkan, sekitar pukul 03.00 dirinya mendengar suara seperti gesekan keras di jalan raya di depan rumahnya yang hanya berjarak 50 meter dari lokasi kejadian. 

Saat keluar dari rumahnya, Mujino mendapati sebuah bus dalam kondisi terbakar di bagian depan. “Waktu itu api belum besar dan tiga penumpang segera keluar dari bus untuk menyelamatkan diri,” ungkapnya.

Saat itu Mujino mengaku hanya sendirian, dan melihat ada motor yang ikut terseret oleh badan bus. Ia juga melihat seorang pengendara motor yang terkapar di pinggir kiri bahu jalan, tepat di depan pintu masuk Perum Boro Mukti. 

“Sepertinya masih muda dengan memakai celana pendek dan bertubuh gemuk,” lanjutnya. Belakangan diketahui korban meninggal itu bernama Tono Subagio (22) warga Desa Purwodadi RT 01/02 Kecamatan Purwodadi.

Bangkai bus dipindah ke tepi jalan

Dituturkan Mujino, saat api berkobar dan membakar sebagian besar bus, dua unit mobil Damkar baru tiba di lokasi untuk memadamkan api. Tapi kedatangan mobil Damkar tidak bisa menyelamatkan bus dari kobaran api.

Akibat kejadian itu, menurut Mujino, kabel listrik yang melintang tepat di atas bus yang terbakar sempat putus. Namun pagi itu juga petugas PLN sudah mengganti kabel tersebut.

Sementara itu pemilik agen PO Putra Mulya, Sugeng, yang ditemui di lokasi menuturkan, dia mendapat laporan peristiwa tersebut pada pukul 04.00. Seketika itu juga dia menuju ke lokasi, tapi kondisi bus sudah hangus.

Untuk menghindari kemacetan, pada sekitar pukul 09.55 bangkai bus diderek dari badan jalan sebelah utara ke tepi jalan sebelah selatan.

Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Lelono Windi Bramantyo yang dihubungi menjelaskan, pihaknya sedang melakukan pendalaman sebab-sebab perisitiwa tersebut, dengan meminta keterangan dari pengemudi. Dari olah TKP diketahui ada gesekan kendaraan roda dua dengan aspal. (Dia)

Tinggalkan Balasan