Perjanjian 30 Tahun Berakhir, Kompleks Ruko Plasa Akan Jadi Pusat Bisnis

PURWOREJO, Kepemilikan puluhan bangunan kantor dan pertokoan di kompleks Ruko (rumah toko) Plasa di Jalan Veteran Purworejo bakal berakhir tahun ini. Pasalnya, perjanjian antara Pemda Purworejo dan PT Inter Wheeler selaku pemegang Hak Guna Bangunan lahan eks terminal bis itu akan selesai akhir 2019 mendatang, setelah selama 30 tahun dikelola oleh investor.

Perjanjian pemanfaatan tanah milik Pemda Purworejo itu ditandatangani oleh Bupati Purworejo Drs H Sutarno dan PT Inter Wheeler pada tahun 1989. Masa berlaku perjanjian yaitu 30 tahun.

Oleh PT Inter Wheeler, lahan berstatus HGB itu dibangun kawasan perdagangan dengan bangunan berupa rumah toko. Di kawasan yang kemudian diberi nama Ruko Plasa itu berdiri tiga bangunan kantor perbankan dan puluhan toko.

Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Said Romadhon yang dihubungi menjelaskan, Pemda masih menunggu pengakhiran perjanjian yaitu Desember 2019. Jika masa perjanjian sudah berakhir, Pemda baru akan mengambil kebijakan apakah akan dilanjutkan atau ganti investor.

“Kita tunggu dulu pengakhiran perjanjiannya baru kita bikin rencana. Tapi pemerintah tetap akan menjadikan kompleks Ruko Plasa sebagai pusat bisnis,”tandas Said Romadhon, Senin (9/9).

Menurut Sekda, hingga kini Pemda belum memutuskan apakah akan ada perpanjangan kontrak dengan investor lama, atau mengundang investor baru membangun kawasan perdagangan di situ.

Sekda menawarkan kepada para pengusaha untuk membangun pusat bisnis di kawasan Ruko Plasa, mulai pertokoan, perkantoran bahkan hotel. Semua pihak akan diberi kesempatan yang sama untuk ikut membangun Purworejo.

Said Romadhon membantah kabar selentingan yang menyebutkan eks Ruko Plasa akan dibangun pasar pengganti Pasar Suronegaran. Menurut Said, Pasar Suronegaran tetap akan dibangun di atas tanah eks bengkok di wilayah Kelurahan Purworejo. (Nas)

Tinggalkan Balasan