Peringati HUT RI, Desa Popongan Gelar Rukyah Massal

BANYUURIP, Puluhan warga Desa Popongan dan Banyuurip, Kecamatan Banyuurip, mengikuti kegiatan ruqyah massal yang diselenggarakan Pemerintah Desa Popongan, Sabtu (18/8). Kegiatan dipusatkan di Kantor Desa Popongan, Jalan Raya Purworejo – Yogyakarta.
Kepala Desa Popongan Miftachunzzaman menerangkan, dalam kegiatan tersebut pihaknya bekerjasama dengan Jamaah Ruqyah Aswaja (JRA) Imam Puro Purworejo. Sebanyak 15 anggota JRA diterjunkan dalam ruqyah massal tersebut.
“Tujuannya untuk membantu masyarakat yang menderita penyakit medis maupun non medis, “terang Miftachunzzaman di sela kegitan ruqyah, Sabtu (18/8).
Dijelaskan, ruqyah massal salah satu dari rangkaian kegiatan perayaan peringatan ke-73 HUT Kemerdekaan RI di desanya. Sebelumnya telah dilaksanakan berbagai lomba, antara lain senam lansia, senam mahmud (mamah muda), malam tasyakuran dan pelepasan 73 lampion.
“Puncak kegiatan nantinya akan kita laksanakan karnaval desa yang diikuti perwakilan dari 15 RT di 5 RW, “kata Miftachunzzaman.
Dari pengamatan lapangan, puluhan warga peserta sudah sejak pagi mendatangi Kantor Desa Popongan. Sebelum pelaksanaan ruqyah terlebih dulu dilakukan mujahadah.
Saat pelaksanaan ruqyah banyak peserta yang muntah-muntah, ada juga peserta yang teriak-teriak mirip orang kesurupan. Namun setelah mendapat penanganan khusus akhirnya peserta yang menyerupai kesurupan dapat dinetralisir. Pelaksanaan ruqyah berlangusung sekitar dua jam. (W5)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *